Bumi Sipirok Dikenal Dengan Toleran Ummat Beragama

  • Bagikan
Berita Sore/Birong RT Sekda Tapsel, Drs Parulian Nst saat menghadiri acara Perayaan Olop - Olop 45 Tahun Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA), di GKPA Bunga Bondar, Kecamatan Sipirok, Senin (26/10).
Berita Sore/Birong RT Sekda Tapsel, Drs Parulian Nst saat menghadiri acara Perayaan Olop - Olop 45 Tahun Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA), di GKPA Bunga Bondar, Kecamatan Sipirok, Senin (26/10).

TAPSEL (Berita): Bupati melalui Sekda Tapsel, Drs. Parulian Nst mengatakan, istilah Bumi Sipirok sangat dikenal dengan nuansa teloransi tentang umat beragama.

“Saya meyakini bahwa bumi Sipirok sangat kental dengan adat dan budaya, yang selalu di kembangkan dengan nuansa toleransi ummat beragama,” ujarnya saat menghadiri acara Perayaan Olop – Olop 45 Tahun Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA), di GKPA Bunga Bondar, Kecamatan Sipirok, Senin (26/10).

Selain itu, Sekda juga mengajak para seluruh jemaat gereja untuk selalu berbuat baik dalam menciptakan kerukunan pada seluruh umat beragama dengan menjauhi sifat perpecahan,”Kita yang bernaung di Negara Pancasila harus selalu menanamkan rasa saling menghormati, saling menghargai, serta tenggang rasa. sehingga terciptanya suasana aman dan keharmonisan,” ucapnya.

Sekda juga mengajak seluruh jamaah GKPA, untuk mereflesikan sejarah berdirinya gereja di Tapsel sesuai peran Ludwig Ingwer Nommensen yang berkebangsaan Jerman yang fokus memiliki misi untuk mengembangkan agama Kristen di Bumi Tapsel.

“Sejarah juga mengklaim berdirinya sebuah gereja di Parau Sorat, dan ada juga geraja di Sipirok yang berhadapan dengan Mesjid Sri Alam Dunia. Keberadaan gereja atau keberadaan kristen di Tapsel, sudah ambil peran dalam rangka membangun masyarakat Tapsel,”jelasnya.

Dia juga menyebutkan, Pemerintah daerah harus bergandengan tangan dengan warga gereja dalam upaya membangun masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera, “Bupati menyampaikan salam kepada seluruh jamaah dan selamat ulang tahun untuk GKPA yang ke 45 tahun 2020. Dengan harapan kedepan akan semakin jaya dan semakin sukses mengemban misi ke agamaan,” katanya.

Turut hadir yang mewakili Forkopincam Tapsel, Anggota DPRD, Camat Sipirok, Camat Arse, Kabag Kesra, Kabag Humas dan Protokol. Pareses HKBP Distrik Tapsel – Sumbar Pdt. Horas Purba, BKAG Tapsel Pdt Mody Nainggolan, Ephorus GKPA Pdt. Togar S. Simatupang.(Rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan