TAPSEL (Berita): Sekda Tapanuli Selatan, Parulian Nasution mengatakan, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus mampu memanfaatkan perangkat digital dalam melakukan pemasaran.
Hal itu disampaikanya saat membuka acara Bimtek Digital Marketing Bagi Para Pelaku UMKM di Kabupaten Tapanuli Selatan yang di gelar di aula Kantor Bappeda Tapsel jalan Lafran Pane Kec.Sipirok, Jum’at (20/11).
Sekda mengatakan, pelatihan digital marketing UMKM adalah cara yang akan mempercepat peningkatan jumlah UMKM untuk bisa memanfaatkan jalur digital dalam memasarkan produk dalam meningkatkan produktivitas UMKM juga meningkatkan penjualan produk lokal Kabupaten Tapsel di kancah pasar global.
” Apalagi teknologi informasi terbukti mampu menjalankan tugas pemasaran dengan cepat, berdaya jangkau luar biasa, bisa mengusung banyak konten mulai dari tulisan, gambar maupun video, dan interaktif yang murah,” ujar Sekda.
Dalam hal itu, Sekda mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar mampu memanfaatkan perangkat digital, sehingga nantinya terbiasa dengan teknologi informasi untuk pengembangan dan promosi produk usaha.
Sementara, Kadis Kominfo Inganan Dalimunthe dalam laporannya menyampaikan, adapun dasar pelaksanaan Bimtek Digital Marketing ini merupakan perjanjian kerjasama antara Pemkab Tapsel dengan Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo (BBPSDMP) Medan Kementerian Kominfo No. 134.4/8348/2019 dan 1039/BBPSDMP.MDN/KS. 01.07/XII/2019 tanggal 20 Desember 2020 tentang Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika.
Sedangkan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman strategi pemasaran produk UMKM. Termasuk membekali para pelaku UMKM bagaimana memasarkan hasil produk melalui sistim digital,” terangnya.
Keguatan bimtek ini diikuti 30 peserta UMKM yang ada di Tapanuli Selatan dan sebagai narasumber Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Kementerian Kominfo Drs. Irbar Samekto, M.Si beserta instruktur lainnya.(Rong)