Marak Narkoba, Helmax Alex Tampubolon Berharap Solusi Serius Dari Pemerintah

  • Bagikan
Berita Sore/Ist Helmax Alex Sebastian Tampubolon SH, MH Direktur LBH Cakra Keadilan Medan.

MEDAN (Berita): Direktur LBH Cakra Keadilan Medan Helmax Alex Sebastian Tampubolon SH, MH menyebutkan, maraknya peredaran narkoba yang terjadi di Sumatera Utara dan Kota Medan Saat ini merupakan sesuatu akar dari kejahatan yang sangat berbahaya bagi masyarakat.

Narkoba adalah obat-obatan terlarang yang dapat memicu berbagai dampak berbahaya pada kesehatan. Penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan hilangannya ingatan hingga kematian.

“Oleh sebab itu, pemerintah secepatnya memberikan solusi yang serius untuk mengatasi masalah ini,” Helmax Alex Sebastian Tampubolon kepada beritasore.co.id, menanggapi semakin maraknya peredaran Narkoba, Selasa (21/11) di kantor LBH Cakra Keadilan di Komplek MU City, Jl. Tuar Raya/Jl. Jala Raya No.2, Kelurahan Besar, Kec. Medan Labuhan, Kota Medan.

Dijelaskan Alex, Narkoba adalah zat-zat atau obat yang dapat mengakibatkan ketidaksadaran atau pembiusan dikarenakan zat-zat tersebut bekerja dengan mempengaruhi susunan saraf sentral sehingga mempengaruhi kondisi kesehatan para penggunanya.

Saat ini peredaran Narkoba terjadi di hampir semua tempat hiburan hiburan malam. Bahkan, peredaran Narkoba juga dikendalikan dari Rumah Tahanan (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

“Untuk itu saya berharap aparat penegak hukum lebih ketat lagi dan rutin mengadakan razia razia di tempat yang terindikasi peredaran Narkoba seperti tempat hiburan malam,” harap praktisi hukum yang sering memberikan bantuan pendampingan hukum secara cuma cuma kepada masyarakat pra sejahtera.

Selain itu, tambah Caleg Dapil II DPRD Medan dari Partai Golkar ini, pihaknya berharap kepada aparat penegak hukum juga harus rutin memeriksa kesehatan anggota dengan mengadakan tes urine.

Apabila terindikasi ada oknum anggota yang terlibat menyalahgunakan Narkoba ataupun melindungi para pengedar (bandar) Narkoba harus ditindak dengan tegas, supaya tidak ada pandang bulu dan hukum itu tidak tumpul keatas tajam ke bawah.

“Narkoba adalah obat-obatan terlarang yang dapat memicu berbagai dampak berbahaya pada kesehatan,” katanya.

Penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan hilangannya ingatan hingga kematian. “Untuk itu saya juga sangat berharap kepada Pemerintah Pusat dan Daerah agar diberikannya tambahan tempat rehabilitasi secara gratis dan tidak di pungut biaya apapun kepada penyalahguna narkoba agar dapat memulihkan kesehatannya kembali. Untuk pengedarnya harus dihukum seberat beratnya,” tutur Alex.

Ia juga mendorong pemerintah agar lebih banyak mengadakan sosialisasi bahaya Narkoba serta menciptakan lapangan pekerjaan dan membuat kegiatan positif seperti turnamen olah raga dan berbagai macam pelatihan dunia bekerja, supaya angka kejahatan yang berasal dari Narkoba ini bisa hilang.(att)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *