Sebuah Rumah Konstruksi Kayu Musnah Terbakar

  • Bagikan
Kondisi rumah berkonstruksi kayu milik Anwar (37) setelah dilakukan pemadaman dari kebakaran, Rabu (3/6). Berita Sore/Marwan Muhammad
Kondisi rumah berkonstruksi kayu milik Anwar (37) setelah dilakukan pemadaman dari kebakaran, Rabu (3/6). Berita Sore/Marwan Muhammad


ACEH BESSR (Betita) : Sebuah rumah berkonstruksi kayu milik Anwar (37) di Gampong Durung Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Rabu (3/6) siang musnah dilalap api.

Akibat terjadinya musibah kebakaran yang menimbulkan keprihatinan warga sekitar, meski tidak ada korban jiwa manusia, namun rumah mengalami rusak berat.

Kalaksa BPBD Aceh Besar Farhan AP melalui Operator Pusdalops PB Maswani dan Iqbal mengatakan, petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Durung menerima informasi tentang adanya kejadian kebakaran rumah warga yang disampaikan oleh masyarakat.

“Kondisi rumah yang berkontruksi kayu sehingga membuat api begitu cepat dan mudah menjalar keseluruh bagian rumah pada saat kejadian pemilik rumah juga tak jauh dari rumah sehingga beberapa alat perabotan rumah tangga berhasil ​ terselamatkan,”ujarnya, Rabu (3/6/2020) malam.

Menurut keterangan pemiliknya, rumah tersebut sudah jarang di tempati karena pemilik rumah sudah menempati rumah yang lain yang juga tak jauh dari lokasi rumah yang terbakar.

Pemilik rumah mengatakan juga masih sesekali menempati rumah tersebut sehingga tak banyak lagi peralatan perabotan rumah tangga yang tersisa di rumah yang terbakar itu.

Dikatakan pemilik rumah begitu ia melihat kobaran api, Dia, langsung berteriak dan meminta bantuan kepada warga masyarakat yang ada di sekitar lokasi kejadian.

Untuk penyebap kebakaran sampai berita ini diturunkan belum diketahui pasti namun sudah dalam penangana pihak yang berwajib kata petugas BPBD.
Menurut Maswani, petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Durung setelah menerima informasi pihaknya langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan kebakaran tersebut.

Selain itu pihaknya juga meminta bantuan armada pemadam kebakaran pos Kajhu sehingga BPBD Aceh Besar dalam menangani kejadian tersebut mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

Penanganan kebakaran sendiri baru selesai dilakukan oleh petugas pada pukul 14.40 wib. “Dalam penanganan tersebut petugas​ pemadam BPBD Aceh Besar ​ juga dibantu oleh TNI (Koramil setempat), POLRI (Polsek setempat), dan masyarakat dilokasi kejadian tersebut.(mm)

Berikan Komentar
  • Bagikan