F5 Percepat Transformasi Digital, Visibilitas dan Kontrol Aplikasi Komprehensif

  • Bagikan

Jakarta (Berita) : Bertepatan dengan penyelenggaraan event tahunan Agility 2020 belum lama ini, F5 (NASDAQ: FFIV) mengumumkan solusi-solusi terbaru untuk meningkatkan visibilitas dan kontrol terhadap siklus hidup aplikasi secara keseluruhan.

Solusi-solusi ini meyediakan visibilitas yang komprehensif bagi pelanggan mengenaikondisi dan performa aplikasi, kontrol trafik, keamanan, dan manajemen API yang terintegrasi agar bisa mengambil tindakan berdasarkan informasi tersebut.

Dengan demikianpelanggan dapat menemukan cara-cara baru untuk menurunkanbeban biaya operasional dan mempercepat penyediaan layanan atau solusi di pasar.

Bagi sebagian perusahaan, menghadirkan pengalaman digital baru yang mengesankan bagi pelanggan dan para karyawan mereka menginginkan penggabungan kemampuan lingkungan arsitektur dan infrastruktur aplikasi tradisional dan modern.

Ketika perusahaan-perusahaan mulai menerapkan strategi multi-cloud, situasinya akan semakin beragam dan kompleks.

Mengingat aplikasi adalah aset terpenting sebuah perusahaan digital sedngkan perusahaan saat ini kekurangan banyak tool (alat) untuk mengelola aset-aset tersebut secara efektif, F5 memfokuskan pada upaya dalam mempersempit kesenjangan tersebut dengan visibilitas komprehensif yang berfokus pada aplikasi.

F5 memberi kekuatan pada aplikasi mulai dari pengembangan hingga siklus hidupnya secara keseluruhan, informasi yang dihasilkan, perilaku, dan berbagai anomalinya melalui telemetri (hasil pemantauan) yang tidak terjangkau oleh vendor tool lain.

Dengan demikian, perusahaan-perusahaan bisa menghadirkan pengalaman digital yang berbeda, berperforma tinggi, dan aman.

“Kini, hampir semua perusahaan mempercepat langkah transformasi digitalnya. Tapi mereka seperti terbang tanpa arah karena tidak begitu mengetahuijumlah aplikasi yang dijalankan.

Bahkan, mereka tak tahu performa setiap aplikasi atau apakah aplikasi-aplikasi itu sudah aman,” kata Kara Sprague, EVP dan General Manager BIG-IP di F5.

“Aplikasi, baik tradisional maupun modern, memberikanbanyak keuntungan ketika dijalankan pada lingkungan data center parusahaan(on-prem), cloud, dan microservices.

Namun hal ini seringkali membuat visibilitas dan kontrol aplikasi di seluruh perusahaan menjadi terpecah-pecah.

F5 membekali pemilik aplikasi, pengembang, dan operator TI dengan hasil pemantauan dan kemampuan pengelolaan jaringan secara mandiri (closed-loop automation) yang diperlukan untuk mengatasi masalah (troubleshoot), mengidentifikasi area ancaman, dan menghadirkannberbagai kemampuan digital baru dalam hitungan menit, bukan hari atau minggu.”

F5 memperkenalkan tiga produknya yang saling melengkapi untuk memperoleh visibilitas yang sangat baik, hasil analitik yang bisa ditindaklanjuti, serta pengelolaan trafik dan keamanan secara mandiridi seluruh portofolio aplikasi milik perusahaan.

Solusi-solusi BIG-IP dan BIG-IQ dari F5 menawarkan kemampuan analitik mengenaikelaikan, keamanan, dan performa aplikasi serta toolpemecahan masalah yang mendalam bagi tim NetOps dan SecOps.

NGINX Controller melengkapinya dengan kemampuan tambahan untuk tim AppDev dan DevOps, yakni dengan menghadirkan visibilitas analitik, dan kontrol berbasis API melalui ADC, API management, dan layanan keamanan aplikasi yang dijalankan dengan NGINX Plus.

Melalui integrasi dengan BIG-IQ, NGINX Controller danpenawaran-penawaran F5 lainnya – sertarangkaian integrasi dengan berbagai pihak ketiga – F5 Beacon mengumpulkan hasil pemantauan dari seluruh jalur data  aplikasi untuk memberikan informasi komprehensif mengenai aplikasi serta informasi holistik dari seluruh perusahaan terkait portofolio aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan. Informasi ini dapat digunakan oleh pemilik aplikasi, profesional operasional TI, dan manajer lini bisnis.

F5 memperkenalkan:

  • F5 Beacon Beacon, penawaran software as a solution (SaaS) terbaru, menyediakan platform untuk memperoleh aplikasi yang komprehensif, sehingga menyediakan informasi yang bisa ditindaklanjuti untuk memfasilitasi penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemilik aplikasi dan operasional TI.
  • Beacon memproses aliran hasil pemantauan data dari berbagai sumber seperti BIG-IP, NGINX, dan F5 Cloud Services serta teknologi pihak ketiga gunamemberikan informasi yang komprensif yang berisi topologi, ketergantungan, pengalaman pengguna, kelaikan, dan performa aplikasi.
  • Selain itu, Beacon Insight, melalui platform yang terbuka dan dapat diperluas, membantu memecahkan berbagai tantangan terkait deteksi anomali yang komprehensif, analisis akan permasalahan, serta visibilitas dan kepatuhan pada persyaratan keamanan.
  • Diferensiasi Beacon dari solusi monitoring dan analitik lain adalah sifatnya yang memfokuskan pada aplikasi, denganmemposisikan data dan analitik di sekitar unit aplikasi.
  • Dengan demikian, perusahaan-perusahaandapat fokus pada upaya membenahi performaaplikasi dan pengalaman pengguna secara komprehensif.
  • Diferensiasi lainnya adalah kemampuan tersebut dapat dicapai tanpa memerlukan integrasi yang signifikan. Beacon menghasilkan informasi yang kaya mengenaiperforma aplikasi secara komprehensif dan solusi keamanan (termasuk NGINX) yang digunakanoleh separuh dari seluruh aplikasi yang ada di dunia ini, serta solusi-solusi pihak ketiga yang berkembang pesat.
  • BIG-IQ 7.1 – Sebagai solusi manajemen sentral, orkestrasi, dan analitik yang paling komprehensif untuk layanan aplikasi BIG-IP dari F5, kemampuanBIG-IQmencakup manajemen layanan aplikasi, dasbor khusus keamanan, dan integrasi erat dengan F5 Automation Toolchain.
  • Dengan BIG-IQ, tim operasional bisa memperoleh visibilitas terhadap keseluruhan kelaikan, status, dan performa layanan aplikasi BIG-IP yang mereka gunakan serta layanan keamanan dari dasbor yang berpusat di aplikasi.
  • Produk terbaru ini memungkinkan visibilitas pada layanan aplikasi lama (legacy applications), menyingkat alur kerja manajemen, dan menambahkan pengelolaan fungsionalitas keamanan yang baru.
  • NGINX Controller 3.4 – Platform layanan dan performa aplikasi milik NGINX ini menawarkan serangkaian layanan untuk load balancing, analitik, dan manajemen API di dalam dan antar cloud.
  • Melalui pendekatan yang berpusat di aplikasi, versi NGINX Controller ini meningkatkan analitik per-app dan memperbaiki kemampuandeclarative API, memastikan NetOps, DevOps dan tim lainnya bisa mengelola tugas di keseluruhan siklus hidup aplikasi.
  • Hasilnya, perusahaan-perusahaan bisa mempercepat kehadiran solusi di pasar (time to market), melalui alur kerja kolaboratif yang terintegrasi ke jalur CI/CD melalui panggilan API atau GUI yang diperbaru.
  • Dengan NGINX Controller, tim bisa menyederhanakan implementasi, konfiguasi, dan pengawasan untukNGINX Plus, baik ketika digunakan sebagai load balancer, gateway API, maupun proxy dalam lingkungan microservices.

Ketiganya merupakan produk yang didesain untuk mengintegrasikan kemampuan dari seluruh jalur data aplikasi, yakni jalur trafik yang dilalui aplikasi untuk mencapai penggunanya, sehingga membantu pelanggan untuk:

  • Memperoleh Visibilitas yang Komprehensifdari Fungsi Dinamis Aplikasi untuk Optimalisasi Pengalaman Digital

Visibilitas aplikasi yang komprehensif terbukti sulit diwujudkan karenabeberapa faktor, termasuk semakin banyaknya toolpemantauan dan analitik.Toolpemantauan dan analitik tersebut biasanya terpisah dari layanan aplikasi yang mendasarinya yang melakukan fungsi-fungsi penting dalam menyediakandan mengamankan aplikasi.

Pada akhirnya, apa yang hilang — dan apa yang F5 Beacon berikan — adalah cara mudah untuk menyelaraskan berbagai tingkat visibilitas dan analitik di sekitar fungsi-fungsi penting ini dan di seluruh aplikasi tradisional dan modern yang dijalankan pada lingkungan on-premise atau multi-cloud.

Pemilik aplikasi dan profesional operasional TI bisa mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang kelaikan aplikasi dan risiko di seluruh portofolio aplikasi dan mendorong peningkatan dalam SLA seperti ketersediaan, kecepatan respon, dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah (mean-time-to-resolution) melalui pemetaan terperinci dari topologi aplikasi yang komprehensif sertapenyediaanaplikasi dan layanan keamanan terkait.

  • Menggabungkan Visibilitas dan Kontrol untuk Meningkatkan Hasil Bisnis

Kemampuan unik F5 adalah menggabungkanvisibilitas dan kontrol yang dimensinya berbeda ke seluruh siklus implementasi dan siklus hiduppenyediaan aplikasi.

Misalnya, BIG-IQ menawarkan visibilitas ke dalam serta manajemen dan orkestrasi untuk seluruh layanan aplikasi BIG-IP, yang biasanya digunakan untuk load balancing, firewall, manajemen akses, dan keamanan aplikasi tradisional yang mencakup lingkungan multi-cloud.

NGINX Controller melakukan hal yang sama untuk penggunaan NGINX Plus, biasanya digunakan sebagai web server, ingress controller, API gateway, dan solusiload balancing dalam aplikasi modern yang dibuat berbasis container(container-native).

F5 Beacon menyediakan visibilitas komprehensifyang berpusat pada aplikasi di seluruh aplikasi tradisional dan modern, dengan memadukan telemetri dari implementasi BIG-IP dan NGINX Plus denganagen-agen seperti Telegraf, webhook API, dan integrasi ekosistem pihak ketiga yang jumlahnya terus bertumbuh.

  • Menyederhanakan Implementasi Advanced Control untuk SaaS dan Aplikasi Berbasis Container

Seiring upaya perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan inisiatif digital mereka, dunia pun bergerak menuju arsitektur aplikasi baru yang mengandalkan solusi SaaS dan microservice yang dengan cepat dibungkus menjadi container, kemudian terhubung dan terotentikasi secara aman melaui API.

Ketika perusahaan-perusahaan berupaya menerapkan teknologi seperti kontainer yang dirancang oleh Kubernetes, F5 memperkenalkan serangkaian solusi untuk memberikan visibilitas yang dibutuhkan saat mengelola trafik, manajemen API, dan keamanan aplikasi.

Dirancang untuk berjalan secara mulus di cloud dan container, NGINX Controller memberikan informasi yang mendalaman mengenai performa komponen arsitektur aplikasi modern melalui telemetri dan integrasi dengan NGINX Plus.(zul)

 

Berikan Komentar
  • Bagikan