MEDAN (Berita): Lyodra Ginting, penyanyi jebolan Indonesian Idol mampu memukau ribuan pengunjung di acara Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 di Istana Maimun Medan Rabu (3/7/2024) malam.
Pada pembukaan KKSU, grup musik Melayu “Lebah Begantong” Rabu (3/7/2024) siang terlebih dahulu menghibur penonton. Di sana ada Pj Gubsu H Agus Fatoni, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung, Konsul negara sahabat, Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut IGP Wira Kusuma dan masyarakat.
Lyodra penyanyi asal Sumatra Utara itu menyanyikan lagu hitsnya “Sang Dewi” yang sebelumnya dipopulerkan oleh TT DJ.
Lagu Sang Dewi diciptakan oleh Andi Rianto dan Titi DJ. Lagu ini kemudian dinyanyikan dan dipopulerkan oleh Titi DJ. Namun Lyodra Ginting, juara Indonesia Idol menyanyikan kembali dengan sentuhan baru pada lagu Sang Dewi sehingga menjadi berbeda dan bak konser.
Tampilan seperti itulah yang dibawakannya di event KKSU 2024 dirangkai dengan ajang North Sumatera Invest (NSI) 2024.
Ketika Lyodra memasuki arena KKSU untuk tampil di atas panggung, ribuan penonton histeris memanggil namanya “Lyodra….. Lyodra….”
Penyanyi asal Karo ini mengenakan baju dengan rompi selempang ulos panjang yang menunjang penampilannya makin cantik dan makin menyatakan diri, dia memang orang Sumut asli.
Lagu Sang Dewi yang versi Lyodra diunggah di Youtube Lyodra Official sejak 25 Agustus 2022. Sempat tergeser oleh Blackpink dengan lagu Pink Venom, akhirnya Sang Dewi kembali ke posisi 1.
Ternyata serbuan penonton di KKSU, membuat UMKM binaan BI yang pameran sekaligus menjual produknya di sana kebanjiran pembeli, utamanya produk kuliner.
“Lumayan kali penjualan kami malam ini,” kata penjual Snack dan minuman di sana. Snack yang dijual juga buatan perajin lokal yang dapat binaan dari BI seperti
pisang karamel (Pismel).
Hal senada diungkapkan perajin tas Kraft Sri Dewi Yana. Dia memproduksi tas dengan bahan baku unik seperti goni dan tikar. “Alhamdulillah, laris manis. Produk saya memang cantik dan unik serta harganya wajar,” ungkap Dewi.
Juga perajin Fadila Zuhri Purba. Mahasiswi cantik Unimed ini menjual produk unik sulaman tangan di bahan kain batik Sumut atau ulos. Sehingga produk dua perajin ini masuk dalam kategori warisan Nusantara (Wastra). Mereka merupakan binaan Bank Indonesia.
KKSU 2024 berlangsung hingga Minggu, 7 Juli 2024. Kegiatannya berlangsung di Deli Park, Podomoro Medan mulai 3-7 Juli 2024. KKSU merupakan rangkaian Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) merupakan sebuah Gerakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui belanja produk UMKM dan berwisata di dalam negeri.
Pada tahun ini, Bank Indonesia ditunjuk menjadi campaign manager GBBI & GBBWI 2024 pada 3-7 Juli 2024 di Kota Medan yang diselaraskan dengan HUT Kota Medan. GBBI dan GBWI di Sumatera Utara akan dikemas dalam acara “Karya Kreatif Sumatera Utara” dengan tema “Rap Pamajuhon Sumatera Utara”.
Artinya bersama-sama memajukan Sumatera Utara melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata, dan penguatan investasi.
KKSU 2024 akan diselenggarakan bersamaan dengan North Sumatra Invest (NSI) Day 2024 yang merupakan ajang pameran investasi di Sumatera Utara. Berbagai kegiatan NSI yang dirangkaikan berupa pameran proyek investasi dari 13 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, selebrasi Letter of Intent (LoI) investasi terkait pariwisata dalam rangka mendukung GBWI, serta one-on-one meeting dengan investor potensial.
Secara umum agenda KKSU 2024 meliputi:
Harvesting Gernas BBI & BWI, pada 3 Juli 2024 di Istana Maimun dengan kegiatan meliputi selebrasi program pengembangan UMKM, pariwisata dan investasi, pameran produk unggulan Sumatera Utara dan dimeriahkan oleh penampilan dari Lyodra dan Lebah Begantong.
KKSU Forum meliputi talkshow dengan tema antara lain: Talkshow Kopi “Budaya Ngopi Mengakselerasi Industri dan Pertumbuhan Ekonomi”. Talkshow Pariwisata ”Pesona Pariwisata Sumatera Utara yang Memikat Dunia”.
KKSU Competition meliputi: Kopi: Lomba Latte Art, Lomba Signature Coffee, Lomba Manual Brew V60, Lomba Coffee Excellence; Fashion: Lomba desain ready to wear dengan tema “Sustainable Fashion”; Pariwisata: Lomba video reels destinasi wisata Sumut mendukung GBWI.
Kemudian KKSU Fair meliputi pameran produk UMKM sektor kopi, kain/wastra, kerajinan, dan kuliner; fashion show UMKM binaan dan mitra; edukasi & sosialisasi. Terdapat total 460 UMKM yang akan berpartisipasi dalam KKSU 2024 secara offline di Istana Maimun dan Deli Park dan secara online melalui e-catalogue website www.karyakreatifsumut.com. (wie)