Bacagub Barry Akan Bangun Rumah Sakit Internasional di Tiap Kabupaten/Kota

  • Bagikan

Medan (Berita): Salah satu program unggulan dari Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara Barry Simorangkir adalah membangun rumah sakit berstandar internasional di masing-masing 33 kabupaten/kota di Sumut. Hal itu diungkapkan Bang Ber ketika berdiskusi dengan tokoh-tokoh masyarakat di Asahan, hari Jum’at, 19 Juli 2024.

Menurut Bang Ber, selama ini banyak warga Sumut pergi ke luar provinsi, bahkan hingga ke luar negeri, untuk berobat. Ini hanya bisa dilakukan mereka yang kaya. Makanya, setiap kota dan kabupaten seharusnya punya rumah sakit dengan standar internasional untuk melayani masyarakat.

Rumah sakit standar internasional sangat mungkin diwujudkan, bukan cuma dari sisi peralatannya, tapi juga dari sisi dokter, perawat serta pelayanannya. “Kita akan manfaatkan teknologi juga buat wujudkan itu,” kata Bang Ber.

Untuk membangun rumah sakit internasional di setiap kabupaten/kota, Bang Ber akan bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, memanfaatkan dana-dana corporate social responsibility (CSR) baik dari dalam maupun luar negeri, serta mendorong partisipasi swasta. Selain itu, RSUD-RSUD yang sudah ada akan ditingkatkan kualitasnya.

Program rumah sakit internasional tentunya akan beriringan dengan peningkatan kualitas layanan kesehatan lainnya, khususnya peningkatan standar puskesmas-puskesmas. Selain itu, kader-kader posyandu bisa diberdayakan untuk mengedukasi masyarakat tentang pencegahan penyakit-penyakit paling mematikan seperti jantung, stroke, kanker dan diabetes.

Terakhir, yang tak kalah penting tentunya adalah meningkatkan jangkauan dan pelayanan dari BPJS Kesehatan. Dengan semua pendekatan itu, pelayanan dan penanganan kesehatan masyarakat di Sumut akan benar-benar holistik, tak hanya fokus pada pengobatan, tapi juga mengedepankan pencegahan dan gaya hidup sehat.

Masyarakat yang sehat adalah prasyarat utama pembangunan sumber daya manusia di Sumut. Dengan modal kekayaan alam yang subur, ditambah manusia yang sehat, cerdas dan produktif, niscaya Sumut akan menjadi provinsi yang maju dan sejahtera.(rel).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *