BPBD Aceh Tamiang Luncurkan LAGAK

  • Bagikan
Teks foto : Sesi foto bersama BPBD Aceh Tamiang dalam kegiatan peluncuran Layanan Siaga Kebencanaan (LAGAK) di Karang Baru, Senin (16/9/2024).
Teks foto : Sesi foto bersama BPBD Aceh Tamiang dalam kegiatan peluncuran Layanan Siaga Kebencanaan (LAGAK) di Karang Baru, Senin (16/9/2024).

KUALASIMPANG (Berita) : Untuk tangani bencana secara cepat dan efisien, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang meluncurkan Layanan Siaga Kebencanaan (LAGAK).

Inovasi LAGAK diperkenalkan oleh BPBD Aceh Tamiang untuk lebih siap dalam menghadapi ancaman bencana. Serta sebagai solusi untuk meningkatkan kesiapsiagaan, pencegahan, dan penanganan bencana secara efektif.

Inovasi LAGAK memanfaatkan teknologi digital sederhana seperti WhatsApp dan SMS blast untuk menyampaikan peringatan dini dan mengoordinasikan penanggulangan bencana serta efektif.

Kepala BPBD Aceh Tamiang, Iman Suhery S.STP M.SP, kepada wartawan, Senin (16/9/2024) di Karang Baru menjelaskan bahwa LAGAK dirancang untuk mempercepat respons terhadap bencana, termasuk banjir dan kebakaran yang kerap terjadi di wilayah ini.

Iman Suhery yang akrab di sapa Bayu memaparkan bahwa LAGAK dengan layanan siaga 24 jam, masyarakat dapat melaporkan insiden secara cepat dan mendapatkan informasi penting melalui pusat panggilan yang selalu aktif.

“Dalam kondisi geografis Aceh Tamiang yang rentan bencana, penting bagi kami untuk menciptakan sistem yang cepat, terintegrasi, dan mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat,” ungkap Bayu.

Ia menambahkan bahwa LAGAK juga dirancang untuk memperkuat koordinasi antar lembaga penanggulangan bencana sehingga langkah tanggap darurat dapat lebih terorganisir.

Bayu juga menjelaskan bahwa Proyek Perubahan LAGAK ini juga dinilai sebagai langkah strategis dalam mengurangi dampak ekonomi akibat bencana.

Karena menurutnya dengan sistem yang lebih responsif, diharapkan kerugian materi dan korban jiwa dapat diminimalkan.

“Inovasi ini tak hanya memanfaatkan teknologi sederhana tetapi juga mengedepankan peran serta masyarakat dalam mitigasi bencana, menjadikan Aceh Tamiang lebih tangguh menghadapi bencana di masa mendatang,” urainya.

Menurutnya, BPBD Aceh Tamiang juga berencana memperluas jangkauan LAGAK dengan membentuk Kampung Siaga Bencana di beberapa wilayah.

“Kampung Siaga Bencana sebagai upaya melibatkan masyarakat secara langsung dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana. (hen).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *