Konjen India Ravi Shanker Goel: Kekuatan Ibu Sangat Penting Sekali

  • Bagikan
Konjen India di Medan. Ravi Shanker Goel (tengah) pada acara literasi keuangan bagi kaum wanita yang digelar DPD IWAPI Kota Medan kolaborasi dengan Konsulat Jenderal India di Medan Rabu (25/9/2024) di Arcadia Hall Jalan Sei Petani nomor 9 Medan. Berita Sore/laswie wakid

MEDAN (Berita): Konsul Jenderal (Konjen) India di Medan Ravi Shanker Goel menyatakan kekuatan ibu sangat kuat dan penting sekali di negara manapun di dunia ini, termasuk di sektor ekonomi.

Konjen Ravi Shanker menyatakan hal itu pada acara yang digelar DPC IWAPI Kota Medan kolaborasi dengan Konsulat Jenderal India di Medan Rabu (25/9/2024) di Arcadia Hall Jalan Sei Petani nomor 9 Medan.

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Medan menggelar seminar terkait usaha dan literasi keuangan dengan kiprah wanita pengusaha, utamanya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang jumlahnya lebih besar dibanding pengusaha menengah dan besar. Bagaimana mensiasati ekonomi global saat ini.

Seminar bertajuk “Empowering local entrepreneuis building financial Literacy and Sustainable business growth with global insight” itu dihadiri Branch Manager Bank SBI Indonesia Cabang Medan Leo Richi H Panjaitan dan Indarman dari Bank of India di Medan.

Pembicara dari Kamar dagang dan industri (KADIN) Sumut Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumut dan juga dari IWAPI Medan. Peserta dari IWAPI, UMKM perempuan, ibu-ibu pengajian dan juga mahasiswa yang sudah wirausaha kuliner dari UMN Alwasliyah dan Universitas Panca Budi Medan

Ravi Shanker menilai kekuatan wanita dan dia menyebutnya sebagai kekuatan ibu sangat penting di negara manapun di dunia ini. Untuk itu, Konjen membantu capacity building kaum wanita.

Seminar ini merupakan edukasi bagi wanita, bagaimana membuat proposal untuk pinjaman misalnya. Ternyata banyak sekali wanita yang ingin memahami literasi keuangan. “Terima kasih atas respon kaum wanita pengusaha daerah ini,” ujar Konjen Ravi Shanker.

Menurutnya, wanita adalah pilar dari masyarakat karena semua dari kita berasal dari wanita. Jadi itu merupakan tugas kita untuk mendukung/mensupport sehingga mereka bisa lebih maju lagi dan sejahtera. Untuk itu, merupakan tugas dari pemerintah juga organisasi seperti IWAPI yang sudah melakukan kerja yang sangat baik di Indonesia.

“Konjen India akan sangat bahagia untuk support seluruh kegiatan dari pengusaha wanita di Medan dan Indonesia,” katanya.

Karena untuk negara kami, jelasnya, untuk Perdana Menteri kami adalah merupakan prioritas dimana kami ingin mendukung pengusaha wanita. Dan dalam proses itu kita hari ini disini berkolaborasi dengan IWAPI dan beberapa organisasi lainnya untuk mendukung mereka agar memahami keuangan.

“Untuk itu juga kami telah membawa dua bank India yang akan juga membagikan pengalaman mereka dalam hal praktikal dalam membuka rekening dan cara membuat proposal ke bank untuk mengamankan investasi untuk bisnis usaha mereka dan ini merupakan hal basic/dasar yang harus kita lakukan dan kami sangat senang,” ungkapnya.

Konjen Ravi Shanker menilai kebanyakan dari wanita pengusaha UMKM tidak familiar dengan literasi keuangan karena mereka tidak memahami bagaimana cara mengatur akun keuangan mereka. Mereka tidak mengerti cara mendekati bank atau institusi lain untuk mendapatkan bantuan.

Dan dalam hal ini Konjen India sangat bahagia untuk berpartisipasi dan kami akan terus melanjutkan support kami terhadap semua aktivitas IWAPI dan universitas kedepannya.

“Saya sangat senang melihat beberapa mahasiswa yang telah menjadi pengusaha dalam usia belia dan mereka juga perlu diguide, dan sebuah kesenangan bagi kami untuk melihat banyak anak-anak muda yang telah menjadi pengusaha,” katanya.

Di India kita menyebutnya sebagai startup, industri startup di Indonesia juga sangat baik dan sangat penting untuk mendukung mereka.

Di India, tambah Konjen Ravi Shanker, kami mempunyai kebijakan untuk mendukung para pengusaha muda dan juga pengusaha wanita. Mereka adalah masa depan dari negara kita. Sama halnya juga saya rasa Indonesia juga mempunyai beberapa proposal untuk mendukung mereka.

“Saya sharing aja bagaimana India mendukung pengusaha muda dan pengusaha wanita bahwa di bank mereka diperbolehkan untuk membuka akun rekening dengan nominal 0 dan bank tidak memberikan biaya service,” jelasnya.

Ini adalah cara mereka memberikan pemahaman literasi keuangan jadi mereka tahu bagaimana cara membuka rekening bank dan cara berkonekasi dengan institusi finansial. Dan mereka akan senang sekali bisa berbagi pengalaman itu dengan para hadirin yang hadir hari ini. “Tentu saja bank akan mengikuti peraturan Bank Indonesia,” kata Konjen India lagi.

Ia optimis berharap yang terbaik. Ini merupakan langkah kecil yang telah kita ambil dengan mengadakan seminar ini. “Kami akan sangat senang bisa berkontribusi untuk pengusaha muda dan pengusaha wanita,” jelas Konjen India. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *