Dubes Amerika Berbagi Pengalaman Kuliah Dengan Mahasiswa Baru UMSU

  • Bagikan
Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Kamala Shirin Lakhdhir saat mengunjungi kampus UMSU dan berbagi pengalaman dengan mahasiswa baru di perguruan tinggi tersebut, Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan, Selasa (24/9/2024). Berita Sore/ist

MEDAN (Berita): Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Kamala Shirin Lakhdhir mengunjungi kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan, Selasa (24/9/2024).

Kunjungan itu ditandai dengan silaturahim bersama pimpinan universitas serta mahasiswa baru UMSU yang mengikuti kegiatan PKKMB. Dalam kunjungan itu, Kamala berkesempatan berbagi pengalaman menjalani masa awal perkuliahan di kampusnya di Amerika Serikat. Hadir juga di situ Konsul AS untuk Sumatera Bernard Uadan dan Public Relations & Cultural Affairs Officer, Joshua G Gonzalez.

Menurutnya, masa awal perkuliahan dirinya belum terlalu serius memikirkan pendidikan dan lebih banyak menghabiskan waktu bersenang-senang dengan teman. Tapi, seiring perjalanan waktu dirinya bisa fokus mencapai tujuan pendidikan.

Kamala juga bercerita banyak hal tentang karirnya sebagai diplomat. Sebelum diangkat menjadi Dubes untuk Indonesia, dirinya telah bertugas di sejumlah negara.

Dalam kesempatan itu, Kamala memberikan apresiasi terhadap UMSU yang telah memfasilitasi berdirinya gedung Education USA di kampus UMSU yang menyediakan beragam informasi pendidikan di Amerika. Menurutnya, melalui education USA yang bisa diakses secara umum dengan gratis, masyarakat bisa mendapatkan banyak informasi terkait pendidikan dan fasiltas yang tersedia. Dia yakin hal itu akan memberikan kemudahan kepada anak-anak muda khususnya yang berkeinginan melanjutkan pendidikan.

Kamala pun menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada UMSU atas dukungan dan penyediaan sarana gedung untuk education USA. Menurutnya kampus UMSU sangat menarik dan dia berjanji akan kembali lagi bertemu dengan sivitas akademisi UMSU.

Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP menuturkan kunjungan Dubes Amerika Serikat merupakan kebanggaan tersendiri bagi UMSU, apalagi bisa memberi motivasi bagi mahasiswa baru. UMSU juga menjadi satu-satunya kampus di Medan yang didatangi Kamala dalam kunjungannya ke Sumatera Utara.

“Ini sebuah rekognisi yang membanggakan. Bu Kamala bisa melihat kampus kita dan bertemu dengan mahasiswa baru. Semoga semakin mendorong kita menjadi kampus dan diakui dunia dengan mutu yang semakin baik,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Rektor III, Dr Rudianto MSi mengatakan kedatangan Dubes Amerika Serikat ke UMSU dalam rangka memgenalkan studi di Negara Paman Sam yang dikenal sebagai negara maju. Bagi mahasiswa yang nantinya berkeinginan kuat untuk melanjutkan studi maka momen pertemuan dengan Dubes Amerika Serikat bisa jadi motivasi untuk bisa mendapatkan beasiswa pendidikan yang ditawarkan.

“Kehadiran Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia di UMSU diharapkan bisa memperkuat kerja sama pendidikan, sekaligus menjadi bagian dari program internasionalisasi,” katanya.

UMSU salah satu kampus yang pernah mendapatkan Program Regional English Language Office (RELO). Namun sejak Covid-19 program ini dihentikan oleh Pemerintah Amerika Serikat.

“Harapannya program ini bisa dibuka kembali,” ujar Rudianto.

Sebelumnya, Education USA Adviser Medan, Dimas Firdauz Samudra menyampaikan presentasi tentang study di Amerika kepada para mahasiswa baru UMSU. Dia juga menjelaskan bagaimana mendapatkan beasiswa pendidikan di Amerika.

Usai berbagi pengalaman dengan mahasiswa baru UMSU, Kamala Shirin Lakhdhir didampingi Pejabat Utama Konsulat Amerika Serikat di Sumatera, Bernard Uadan berkesempatan meninjau kantor Education USA di kampus UMSU.

Education USA di UMSU merupakan satu-satunya di Sumatera Utara dan menjadi center ke-7 dari 6 kota di Indonesia yang memberikan layanan dan wadah kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi pendidikan lanjut ke Amerika Serikat. (aje/wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *