Pj Bupati Aceh Tamiang Dukung Program Digitalisasi Arsip Daerah

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra saat membuka secara resmi Kampanye Aceh Sadar Arsip dan Workshop Aplikasi Srikandi versi 3, di Aula Dinas Pertanian, Karang Baru, Rabu (25/9/2024). Berita Sore/ist

KUALASIMPANG (Berita): Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra membuka secara resmi Kampanye Aceh Sadar Arsip dan Workshop Aplikasi Srikandi versi 3 di Kabupaten Aceh Tamiang.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh Tamiang yang dilaksanakan di Aula Dinas Pertanian, Karang Baru, Rabu (25/9/2024).

Dalam sambutannya Pj. Bupati Asra memberikan apresiasi dan dukungan untuk kegiatan ini. Dikatakannya, arsip menjadi bagian yang sangat penting dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan dan kehidupan kebangsaan.

“Dalam arsip, rekaman kegiatan atau peristiwa tercatat dan menjadi sebuah barang bukti dalam suatu peristiwa,” terangnya membacakan sambutan.

Dijelaskan, dengan perkembangan teknologi saat ini, diharuskan rekam kegiatan atau peristiwa tidak lagi tercatat secara manual namun harus bergerak menuju transformasi digital.

Dalam Kampanye Aceh Sadar Arsip ini juga dilaksanakan juga Workshop Aplikasi Srikandi yang merupakan wujud dari pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Asra turut menyampaikan dukungan penuh atas pengembangan proses digitalisasi persuratan dan kearsiapan untuk pelayanan publik yang berkualitas.

“Digitalisasi persuratan dan kearsipan memudahkan kita untuk bisa mengaksesnya dengan cepat dan tepat sekaligus dapat meminimalkan biaya dan waktu,” ungkapnya lagi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Edi Yandra juga mengatakan, pengelolaan arsip sangat penting, terutama arsip yang dimiliki oleh masyarakat. Sehingga menurutnya, dirasa sangat perlu menumbuhkan dan mewujudkan budaya sadar arsip di tengah-tengah masyarakat.

“Tahun 2023 Pemerintah Aceh melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh telah meluncurkan aplikasi dalam bentuk website ”Telusur Arsip,” sebut Edi.

Edi menambahkan, peluncuran aplikasi ini tidak hanya ditujukan untuk mengkampanyekan di tengah masyarakat, tapi juga ditujukan untuk organisasi pemerintah yang selama ini menyepelekan eksistensi arsip.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta yang merupakan admin srikandi dilingkungan Pemkab Aceh Tamiang.

Hadir dalam acara tersebut, para Asisten, para Kepala OPD, Plt. Kepala Bidang Pemanfaatan dan Layanan Arsip serta tamu undangan lainnya. (hen)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *