1.697 Lulusan Polmed Diwisuda, Siap Hadapi Tantangan Industri

  • Bagikan
Suasana prosesi wisuda sarjana Politeknik Negeri Medan, Kamis (26/9/2024). Berita Sore/ist

MEDAN (Berita): Politeknik Negeri Medan memperluas kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai perusahaan dan lembaga dalam negeri. Hal itu sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan vokasi dan menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan industri.

Dengan kolaborasi itu, Polmed berupaya untuk terus memperkuat jalinan hubungan dengan dunia industri dan pemerintahan,

“Ini demi menciptakan lingkungan pendidikan yang ikut dan siap terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar tenaga kerja,” ungkap Direktur Politeknik Negeri Medan Dr Ir Idham Kamil ST MT pada acara wisuda di kampus itu, Jalan Almamater, Padang Bulan Medan, Kamis (26/9/2024).

Wisuda angkatan ke-39 kali ini mempersembahkan 1.697 orang lulusan, terdiri dari 29 lulusan Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi, 411 lulusan Sarjana Terapan, dan 1.257 lulusan Ahli Madya.

Wisuda berlangsung pada Rabu – Kamis (25-26/9/2024) ini dihadiri ketua, sekretaris, serta seluruh anggota senat Polmed. Kemudian, wakil direktur, ketua jurusan, fungsionaris jurusan, kepala unit di lingkungan Politeknik Negeri Medan. Hadir juga pimpinan instansi pemerintah dan swasta, pengurus ikatan alumni dan mitra kerja Polmed.

Idham Kamil menegaskan, melalui kemitraan yang dijalin, Polmed berkomitmen menghasilkan lulusan kompeten dan memiliki daya saing tinggi. Tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat internasional.

Dia menuturkan, Politeknik Negeri Medan berdiri pada 1985, dan sejak tahun itu sampai dengan saat ini telah menghasilkan sebanyak 43.868 lulusan dari berbagai jurusan dan program studi.

“Insya Allah telah dan akan menjadi orang sukses hari ini dan di masa depan,” ucapnya.

Disebutkannya, pada tahun ini jumlah Cumlaude atau yang Lulus Dengan Pujian adalah 665 orang. Jumlah ini lebih banyak 22 persen dari tahun sebelumnya. Menurutnya, ini merupakan peningkatan prestasi untuk wisudawan.

Idham Kamil menuturkan, Polmed terus menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dan lembaga pendidikan luar negeri terkemuka. Menurutnya itu sebagai bentuk keseriusan Polmed dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas jejaring internasional.

“Melalui kolaborasi strategis ini, kami berkomitmen untuk menciptakan program-program unggulan, seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, pengembangan kurikulum, serta kegiatan akademik lainnya yang dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi seluruh sivitas akademika Polmed,” bebernya.

Disebutkannya, perguruan tinggi dan lembaga pendidikan luar negeri yang telah menjalin kerja sama dengan Polmed antara lain; politeknik dari Malaysia seperti Politeknik Nilai Negeri Sembilan, Politeknik Malaka, Politeknik Kota Kinabalu, Politeknik Seberang Perai, Politeknik Tuanku Sultanah Bahiyah, Politeknik Tanah Laut.

Kemudian, perguruan tinggi dari Taiwan, seperti National Yunlin University of Science and Technology, Lunghwa University, Southern Taiwan University of Science Technology, Chaoyang University of Technology, Cheng Shiu University, Hsing Wu University, National Chin-Yi University of Technology.

Selanjutnya, TAFE di Australia, KAMK University, di Finlandia, Shandong Vocational Institute of Science and Technology di Tiongkok, serta lembaga-lembaga pendidikan luar negeri lainnya.

Dalam pidatonya, direktur Polmed periode 2023-2027 ini memotivasi lulusan dengan mengisahkan kegigihan Michael Jordan, salah satu pemain basket terbaik dalam sejarah.

“Michael Jordan pernah berkata, ‘Saya telah melewatkan lebih dari 9.000 tembakan dalam karier saya. Saya telah kalah hampir 300 pertandingan. Dua puluh enam kali saya dipercaya untuk mengambil tembakan penentu kemenangan, dan saya gagal. Saya telah gagal berulang kali dalam hidup saya. Dan itulah mengapa saya berhasil.’ Kita belajar bahwa kesuksesan tidak datang tanpa tantangan, kesalahan, atau kegagalan,” urainya.

Justru, menurutnya, keberanian untuk bangkit setiap kali jatuh adalah kunci menuju puncak prestasi. Dia pun berpesan agar lulusan Polmed jangan pernah takut gagal. Setiap kegagalan adalah pelajaran berharga yang akan membuat lebih kuat dan lebih bijaksana.

“Teruslah berjuang, hadapi setiap rintangan dengan tekad yang kuat, dan ingatlah bahwa keberhasilan ada di ujung usaha yang tak pernah berhenti. Karena di balik setiap kegagalan, tersimpan peluang besar untuk sukses,” tuturnya.

Di wisuda kali ini, direktur juga menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa yang telah menunjukkan prestasi luar biasa di tingkat nasional dan internasional sepanjang tahun ini.

Prestasi mahasiswa dalam bidang akademik, sebutnya, IPK tertinggi untuk tingkat D3 dan Sarjana Terapan ada tiga orang (dengan IPK yang sama 3,95) yaitu Ayumi Yuko dari Jurusan Akuntansi, Prodi Akuntansi;
Natasya Meivani Purnomo dari Jurusan Administrasi Niaga, Prodi Manajemen Bisnis; dan Valentia Angelin Br Turnip dari Jurusan Administrasi Niaga, Prodi Administrasi Bisnis.

Sedangkan IPK Tertinggi untuk Pascasarjana, ada tiga orang yang lulus dari Magister Sistem Informasi Akuntansi dengan IPK 4. Mereka adalah Arne Frans Marhuasa Simamora dari Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah Kota Sibolga. Tigor Panuturi Tambunan dari PKPLH Pemerintah Kota Sibolga. Orita Renta Dame Uli Sipahutar, juga dari Pemerintahan Kota Sibolga.

Selain berprestasi di dalam kampus, mahasiswa Polmed juga berprestasi diluar kampus. Pertama, Fitra Ansyari Ifron dari prodi Teknik Komputer dan Informatika, memenangkan Best Spirit of Cyber Security Category on KIMPN 5 (Polytechnic Informatics Student Competition National).

Kedua, Novi Ardana, prodi Manajemen Bisnis Jurusan Administrasi Niaga, meraih 1st Winner Speach in Politeknik LP3I Medan Marelan, Gold Medal ICrEP in Malaysia. Ke-tiga, Nazla Alya Rachmi, prodi Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran (MICE) Jurusan Administrasi Niaga, berprestasi di Awardee IISMA 2023 Ulsan College, Korea Selatan.

Keempat, Annisa Azzahra Prodi Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro, menyabet medali emas di ajang International Competition Karnival TVET 2024. Ke-lima, Valentia Angelin Br Turnip, Prodi Administrasi Bisnis Jurusan Administrasi Niaga, berhasil merebut juara 1 di event Internasional Bisnis Analisis & Kertas Kajian Terbaik Kategori Pengurusan Perniagaan in South East Asia Work Integrated Learning 2023 di Malaysia.

Selain itu, mahasiswa para atlet Polmed juga meraih juara pada Porseni 2024 di Politeknik Negeri Malang.

Idham Kamil mengaku bangga dengan pencapaian luar biasa itu dan berharap prestasi ini dapat terus menjadi motivasi bagi semua untuk terus berusaha memberikan yang terbaik. (aje)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *