Mahasiswa Baru Undhar Dimotivasi Miliki Jiwa Entrepreneurship

  • Bagikan
Teks foto: PKKMB digelar Undhar lebih menitikberatkan pada kegiatan untuk menumbuhkan sikap kreatif, inovatif, dan jiwa entrepreneurship mahasiswa perguruan tinggi tersebut.
Teks foto: PKKMB digelar Undhar lebih menitikberatkan pada kegiatan untuk menumbuhkan sikap kreatif, inovatif, dan jiwa entrepreneurship mahasiswa perguruan tinggi tersebut.

MEDAN (Berita): Rektor Universitas Dharmawangsa Dr Zamakhsyari Hasballah Thaib Lc, MA menuturkan, pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan yang rutin dilakukan dalam menyambut mahasiswa baru dianggap penting untuk menumbuhkan sikap kreatif, inovatif, dan jiwa entrepreneurship.

Untuk itu, pada Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ini Undhar mengusung tema “Generasi Muda Berjiwa Entreprenuership”.

Ketika membuka acara digelar di Aula Kampus Jalan Yos Sudarso Medan, Sabtu (28/9/2024), Zamakhsyari menyebut tema itu sejalan dengan visi universitas.

“Visi kita menjadi World Class University yang unggul, terpercaya, berdaya saing dan berjiwa enterpreneurship tahun 2045,” ujarnya.

Menurut Zamakhsyari, tersedianya lulusan unggul, profesional, berintegritas dan berakuntabel menjadi penggerak masyarakat dan mampu mengaplikasikan nawajiwa Undhar.

“Mahasiswa Undhar nantinya mampu bersaing pada level nasional dan internasional, serta berorientasi pada pembentukan jiwa entrepreneurship di kalangan sivitas akademika,” katanya.

Zamakhsyari menegaskan, Undhar berkomitmen mewujudkan sistem manajemen mutu di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pembentukan jiwa entrepreneurship di kalangan generasi muda.

Selain itu, salah satu misi Undhar adalah menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi yang unggul dalam bingkai karakter mulia, dan mengembangkan jejaring kerja sama dengan berbagai lembaga dalam skala regional, nasional, dan internasional.

Selain mengenal sistem perkuliahan, menurut Zamakhsyari, mahasiswa harus mengetahui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus untuk menampung kegiatan mahasiswa.

Dia berharap mahasiswa baru beradaptasi dengan segala aturan dan kebijakan yang berlaku di kampus Dharmawangsa agar disiplin dan taat aturan.

Pada kesempatan itu, Zamakhsyari menyatakan sebagai rektor dia menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Sumatera Utara atas kepercayaan terhadap Undhar yang telah berkenan menitipkan anaknya untuk menimba ilmu kuliah sampai lulus kuliah.

“Kita akan berupaya memberikan layanan dan pelayanan akademik secara maksimal, dan melahirkan lulusan dan alumni yang terampil di pasar kerja serta lulusan yang unggul, terpercaya, berdaya saing dan berjiwa enterpreneurship,” ungkapnya.

Masa PKKMB Undhar diisi dengan materi sistem proses pembelajaran, materi bidang kemahasiswaan. Selain itu, masing-masing dekan dan kepala program studi juga menyampaikan visi, misi fakultas dan prodi. Selanjutnya pengenalan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undhar diserahkan sepenuhnya kepada BEM Undhar dan tanpa perpeloncoan.

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan Dra Hj Farida Hanum Nasution MAP mewakili pengurus yayasan, Wakil Rektor I Dr Rahmat Hidayat MA, Wakil Rektor II Dr. Muhammad Lutfi, S.Sos, M.I.Kom, Wakil Rektor III Umar Hamdan Nasution, SE, MM, para dekan, ketua program studi, dosen, dan mahasiswa serta sivitas akademika. (aje)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *