Plt Bupati Simalungun Ingatkan Jaga Kerukunan Di Masyarakat

  • Bagikan

SIMALUNGUN (Berita): Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Simalungun H Zonny Waldi bersama Forkopimda menghadiri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan dan Launching Pemetaan Kerawanan Di Kabupaten Simalungun Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Sosialisasi yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Simalungun itu berlangsung di Aula Hotel Niagara Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Selasa (8/10/2024).

Kegiatan itu digelar dalam rangka proyeksi dan deteksi dini potensi kerawanan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, sekaligus untuk memetakan potensi kerawanan dan mencegah terjadinya pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada.

Plt Bupati Simalungun, menyampaikan dalam pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Simalungun diharapkan agar terwujudnya netralitas ASN. Money politic sebagai salah satu bentuk potensi-potensi kerawanan yang ada di masyarakat.

Setelah dilaksanakan pemetaan kerawanan dan peluncuran pemetaan kerawanan pemilihan bagi masyarakat hingga ke tingkat nagori dan kecamatan, Plt Bupati berharap agar menjunjung mindset ‘kita’, kita kemarin, kita sekarang, kita di masa depan dalam pesta demokrasi, dan menjaga kerukunan.

Selain itu, Ia juga mengajak seluruh masyarakat Simalungun untuk menjaga kerukunan dan persatuan dalam menghadapi pesta demokrasi ini, serta masyarakat dihimbau untuk aktif berperan dalam mengawasi jalannya Pilkada.

“Pemerintah daerah mendukung dan mendorong untuk mensukseskan Pesta demokrasi ini, serta harapan kami, tentunya suasana dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 dapat aman, damai, lancar. Ini bisa terselenggara, melalui kerja sama dan koordinasi yang perlu di tingkat,”tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Simalungun, Abdillah Feruari Purba mengatakan, dengan adanya pemetaan kerawanan dan melaksanakan peluncuran pemetaan kerawanan pemilihan, diharapkan dapat menghindari potensi-potensi dan deteksi dini dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Sebenarnya ini merupakan tahapan dan upaya pencegahan dari Bawaslu, mudah-mudahan dengan pemetaan kerawanan, bisa terwujud Pilkada yang damai,” ujar Abdillah.

Abdillah juga menyampaikan, dengan adanya sosialisasi deteksi dini ini, pihaknya akan tetap melakukan pencegahan terhadap kampaye pasangan calon hingga selesainya pelaksanaan Pilkada Serentak tahun ini, baik pelanggaran kode etik, intimidasi, serta netralitas ASN di wilayah Simalungun.

“Bawaslu hari ini berharap, bagaimana tingkat partisipasi lebih tinggi di masyarakat, baik secara pemahaman dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 agar bisa berjalan tertib dan damai,” ucapnya.

Turut menyampaikan sambutannya antara lain, Kajari Simalungun diwakili oleh Fathur Roji, Kapolres Simalungun diwakili Ipda Antonius Hutahean, Dandim 0207/ Simalungun diwakili Kapten Kav. Nelson Sipayung, Komisioner KPU Simalungun diwakili Martua HP Hutapea.

Sosialisasi ini diikuti oleh Panwaslu di setiap tingkat kecamatan, Polsek se-Kabupaten Simalungun, para tokoh masyarakat, serta undangan lainnya. (srt).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *