Banjir Agara Meluas Pemda Berlakukan Tanggap Darurat

  • Bagikan
Berita Sore/Husaini Amin Badan Jalan Kute Lawe Ijo Kecamatan Lawe Sumur tanpa tertimbun material banjir kiriman dari DAS Lawe Kinge foto diabadikan pada Jumat (11/10/2024) pasca banjir melanda pada Kamis (10/10) malam.

KUTACANE (Berita): Situasi Banjir terus meluas, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tenggara (Agara) Taufik ST MT , usai dilantik Gubernur Aceh Jum’at (11/10/2024) di Banda Aceh , langsung memerintahkan Sekda Yusrizal untuk berlakukan Tanggap Darurat.

Hal itu disampaikan Sekertaris Daerah Agaea Yusrizal kepada Berita Jumat malam (11/10/2024) melalui sambungan telpon mengatakan Pj Bupati memerintahkan kepada kami agar segera melakukan proses penetapan SK Tanggap Darurat. “Itu pesan pak Pj Bupati, usai melakukan rapat siang tadi dengan Deputi Rehab Rekon (BNPB-Pusat) Jarwansyah,” kata Sekda.

Pertemuan inten membahas tentang rencana Penanganan Bencana di Aceh Tenggara yang sudah mengkhawatirkan. “Alhamdulillah pak Pj Bupati langsung menerima bantuan secara simbolis berupa bantuan Dana Siap Pakai (DSP) dan beberapa kebutuhan bahan pokok/logistik dan lain-lain diserahkan langsung Pak Jarwansyah. Lebih jauh untuk rinciannya bisa dikonfirmasi kepada Kalaksa BPBD,” kata Sekda .

Yusrizal menuturkan Pj Taufik tidak jadi bertolak ke Aceh Tenggara malam ini, karna masih ada tugas di Banda Aceh, tidak bisa diwakili, saya dan kepala OPD terkait , saat ini langsung menuju pulang ke Kutacane, terkait penetapan Surat Keputusan (SK) Tanggap Darurat Bencana akan dipimpin beliau (Pak PJ Bupati) secara Virtual nantinya, doakan semua berjalan lancar kata Yusrizal yang tengan dalam perjalanan Banda Aceh-Kutecane.

Pj Taufik juga minta kepada Semua masyarakat diminta , untuk tetap waspada dengan kondisi cuaca, yang cukup Ekstreem, mari saling bahu membahu dalam penangan banjir melanda Agara, kata Jendral muda menimpali.

46 Kute Terdampak banjir

Dari Laporan Pusdalops-PB BPBD Aceh Tenggara tercatat ada 46 Kute terdampak banjir dari 11 wilayah Kecamatan, sejak terjadinya hujan berisentisitas sedang dan tinggi pada Kamis (10/10/2024) sejak pukul 17.30 WIB.

Pada pukul 19.00-01.00 WIB dini hari debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Lawe Alas, Lawe Mamas, lawe Bulan, Lawe Kinge dan Lawe Kisam terus tinggi, akibatkan sejumlah tanggul ikut jebol dan sejumlah jembatan ikut terputus.

Sebaran banjir meliputi wilayah Kecamatan Bambel, 14 Kute dilanda banjir diantaranya Kute Ampera, Lawe Hijo, Lawe Hijo Metuah, Kuning I , Kute Pinding, Bambel Gabungan, Kute Pancar Iman, Kute Kuning I, Kuning II, Kute Pedesi, Kute Terutung Seperai , Kute Likat, Kute Biak Muli Pantai Raja dan Kute Biak Muli.

4 Kute di Kecamatan Lawe Sumur, yaitu Kute Setia Baru, Kute Kuta Lesung, Kute Buah Pala dan Kute Terutung Megara Lawe Pasaran dusun Nasi. Kecamatan Lawe Bulan , meliputi Kute Lawe Sagu Hulu, Kute Kandang Mbelang Mandiri dan Kute Pulonas Baru.

Tidak sampai disana , banjir juga terus meluas di wilayah Kecamatan Tanoh Alas, 5 Kute jadi sasaran air bah diantaranya Kute Salim Pinim I, KuteTenembak Alas, Kute Jambur Permata, Kute Timang Khase dan Kute Jambur Damar.

Wilayah Kecamatam Darul Hasanah ada 5 Kute terkena Banjir yaitu Kute Tanjung lama, Kuta Ujung , Kute Rambe, Kute Mamas, Kute Mamas Baru, Kute Lawe Mamas Indah, Kute Lawe Mamas Indah, Kute Tanjung Leuser,Kute Tanjung Mbakhu

Di wilayah Kecamatan Babussalam yang terdampam di Kute Perapat Hilir, Kute Kutarih dan Kute Alas Merancar. Kecamatan Ketambe terkena Banjir Kute Ketambe dan Kute Bener Bepapah.Kecamatan Babul rahmah.3 Kute yang terkena dampak Kute Titi Mas, kute Titi Hakhapen dan Kute Alas Mesikhat.

Daerah rawan bajir di Kecamatan Semadam yang terkena Kute Lawe Kinga Lapter dan Wilayah Kec. Lawe Alas .Kute Darul Amin dan Kecamatan Deleng Pokhkison di Kute Salang Baru.

Dari kejadian banjir berdampak Pada Jebolnya tanggul (±) 20 Meter di Kute lawe hijo, Berlumpurnya badan jalan di desa lawe hijo. Lahan perkebunan, lahan pertanian dan lahan perikanan warga rusak berat (RB).

Sempat terjadi penyumbatan golondongan kayu di jembatan Kuning I, tanggul Sungai Lawe Alas desa Bambel Gabungan jebol,
Jebolnya tanggul Sungai Lawe Kinga Desa Buah Pala, jebolnya tanggul sungai lawe bulan di desa pancar iman dan Jembatan gantung Jambur Mamang hanyut terbawa arus.

Dari Laporan Kalaksa BPBD Agara MOHD Asbi ST pada Jumat (11/10/2024) petang itu, juga merilis Badan jalan di Desa Pulonas Baru mengalami abrasi, Tanggul sekaligus badan jalan di Desa Biak Muli Baru tergerus Air Sungai lawe kisam, Badan jalan jembatan Kandang Mbelang Mandiri menuju Ds Lawe Kulok tergerus banjir sedalam 1 meter.

Tanggul Sungai Lawe Alas Desa Darul Amin tergerus air, tergenangnya air di fasilitas Umum di Kecamatan Babul Rahmah masjid Nurul Kiram, SD negeri tuhi jongkat dan Tk negeri satu atap. Tanggul sungai pengaman jembatan Pante Dona tergerus banjir, Lahan warga Kecamatan Darul Hasanah Desa mamas, mamas baru, Lawe Mamas Indah, Tanjung Leuser, Tanjung Baru dan Tanjung lama (+) 49,5 hektar.

Badan jalan di desa Lawe haijo tertimbun material batu dan tanah sepanjang (+) 200 M dan sedalam (+) 50 Cm dan Oprit Jembatan Pante Barat juga mengalami abrasi

Dari kejadian tersebut ada 831 Kepala Keluarga dan 3.236 jiwa terkena imbas melanda Aceh Tenggara.

TRC BPBD Agara juga sudah menurunkan 3 unit Excavator Kembali untuk normalisasi tanggul jebol dan material menutupi badan jalan dan Melakukan pendataan terhadap rumah korban terdampak

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tenggara, MOHD. ASBI, ST.MM yang dikonfirmasi Berita Sabtu Pagi (12/10) via Pesan WA-nya, mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan telaahan terkait dampak dan penanggulangan banjir katanya Singkat. (aie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *