Bupati Aceh Tamiang :  UPK Dan BKAK  ‘Pahlawan Ekonomi’

  • Bagikan
Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn resmikan Kantor Badan Kerjasama Antar Kampung (BKAK) Kecamatan Karang Baru. Beritasore/Hendra
Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn resmikan Kantor Badan Kerjasama Antar Kampung (BKAK) Kecamatan Karang Baru. Beritasore/Hendra

KUALASIMPANG (Berita) : Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn mengapresiasi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dan Badan Kerjasama Antar Kampung (BKAK) Kecamatan Karang Baru karena telah banyak membantu pemerintah daerah dalam perekonomian masyarakat.

Hal itu disampaikan pada saat menghadiri Musyawarah Antar Kampung Pertanggung Jawaban Dana Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Tahun 2020 sekaligus Peresmian Kantor Badan Kerjasama Antar Kampung (BKAK) Kecamatan Karang Baru di halaman Kantor BKAK Dusun Gelugur  Kampung Johar Kecamatan Karang Baru, Rabu (6/1).

Diketahui bersama bahwa Unit Pengelola Kegiatan (UPK) adalah merupakan aset dari Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang kemudian berganti nama dengan Program Nasional Pemberdayaan Mandiri Perdesaan (PNPM-P).

“UPK dan BKAK merupakan ‘Pahlawan Ekonomi’ keberadaannya banyak membantu perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya dengan adanya BKAK serta UPK sebagai lembaga penyalur pinjaman, selain membantu masyarakat juga dapat meredam maraknya praktek rentenir yang sangat meresahkan masyarakat.

“Apalagi saat Pandemi Virus Corona yang saat ini sedang melanda, jadi pinjaman yang disalurkan oleh UPK sangat membantu masyarakat,” jelasnya.

Mursil juga menyampaikan UPK serta BKAK dalam aktivitasnya dapat dikatakan sebagai Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang pada tahun ini menjadi program nasional dalam rangka pemulihan ekonomi akibat pandemi Virus Corona.

Kemudian Mursil dalam menyahuti permintaan dari Ketua BKAK terkait penambahan modal usaha, ianya akan membantu penambahan modal dari dana bagi hasil keuntungan Bank Aceh.

“Dengan penambahan modal bisa makin membantu perekonomian masyarakat,” sebutnya.

Selamat UPK dan BKAK Kecamatan Karang Baru

Diakhir sambutannya, Bupati Mursil mengucapkan selamat untuk UPK serta BKAK Kecamatan Karang Baru yang telah berhasil membangun gedung untuk kantornya dari laba yang di dapat selama ini.

“Mari kita semua mendukung UPK serta BKAK ini agar bisa menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat kita,” ajaknya.

Sebelumnya Ketua Badan Koordinasi Antar Kampung (BKAK) Kecamatan Karang Baru, Darwin menyampaikan tujuan dari kegiatan ini selain melaksanakan Musyawarah Antar Kampung dan juga peresmian Kantor BKAK juga akan melakukan serta penyerahan bantuan sembako untuk rumah tangga miskin yang ada di Kecamatan Karang Baru.

Menurutnya keberhasilan UPK serta BKAK saat ini tidak terlepas atas dukungan dari Camat Karang Baru dan para Datok Penghulu se-Kecamatan Karang Baru.

“Keberhasilan UPK serta BKAK merupakan keberhasilan bersama karena tanpa dukungan dari Bapak Camat serta para Datok Penghulu tidak mungkin dapat tercapai,” urainya.

Pada kesempatan tersebut juga Bupati Mursil dan Camat Karang Baru Imam Suhery. S. STP menyerahkan bantuan sembako untuk masyarakat yang diterima oleh Datok Penghulu. (hen)

Berikan Komentar
  • Bagikan