Dinkes Provinsi Aceh Lakukan Uji Swab 30 0rang PDP Di Aceh Tamiang

  • Bagikan
 Tim Dinas Kesehatan Provinsi Aceh sedang melakukan uji Swab kepada 30 orang PDP warga Aceh Tamiang. beritasore/Hendra
 Tim Dinas Kesehatan Provinsi Aceh sedang melakukan uji Swab kepada 30 orang PDP warga Aceh Tamiang. beritasore/Hendra

KUALASIMPANG (Berita) :  Untuk melacak penyebaran Covid-19, Dinas Kesehatan Provinsi Aceh melakukan pemeriksaan Swab kepada Masyarakat Aceh Tamiang, khususnya Keluarga PDP yang terkonfirmasi Positif Covid-19, kegiatan tersebut berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat, Rabu (6/6).

Tim Informasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dr. Hardekky dari Dinas Kesehatan Aceh Tamiang didampingi Herniar, SKM RSUD Aceh Tamiang mengatakan, sebanyak 30 orang terdiri dari 13 orang keluarga inti pasien PDP pada beberapa waktu lalu terkonfirmasi Positif Covid-19, dan 17 orang santri lainnya terdiri dari 11 orang laki-laki dan 6 orang wanita yang memiliki riwayat perjalanan dari Magetan Jawa Timur.

Menurut dr. Hardekky, sebelum dilakukan pemeriksaan, ketiga puluh orang tersebut telah didata oleh Tim Dinas Kesehatan untuk selanjutnya diambil sampel dahak, lendir atau cairan dari nasofering (bagian antara hidung dan tenggorokan), serta orofaring (bagian anatara mulut dan tenggorokan) yang lebih dikenal dengan uji Swab.

“Sampel swab tersebut, nantinya akan di bawa ke Banda Aceh untuk dideteksi melalui uji laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction). Hal ini dilakukan sebagai upaya pemutusan serta deteksi dini penyebaran Covid-19 di Bumi Muda Sedia,” jelas dr. Hardekky.

Usai pemeriksaan kepada 30 orang PDP tersebut, kemudian dilakukan dengan penyemprotan disinfektan kepada para tenaga medis sekaligus lokasi bekas keramaian tersebut, guna mensterilkan lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Tamiang. (hen)

Berikan Komentar
  • Bagikan