Kute Wisata Salang Alas Segera Hadir Di Agara

  • Bagikan
Pengulu Kute Salang Alas Zulkenedi baju (Biru) dan Pengulu Kute Badar Indah Kec Badar Kab Agara Abi Hasan tengah berpose di salah satu kawasan wisata desa di Sumut. beritasore/Husaini Amin
Pengulu Kute Salang Alas Zulkenedi baju (Biru) dan Pengulu Kute Badar Indah Kec Badar Kab Agara Abi Hasan tengah berpose di salah satu kawasan wisata desa di Sumut. beritasore/Husaini Amin

KUTACANE (Berita) : Maraknya upaya Pemerintahan Kute/Desa dalam memperelok wilayahnya dalam mengejar PAK, Kute Salang Alas Kec Badar Kab Agara juga terus berbenah.

Kute Salang yang memiliki IDM menuju desa maju tak mau kalah, terus mengejar ketertinggalan disemua sektor, terus membangun infrastruktur pendukung dengan ketersediaan dana Kute yang ada.

Pengulu Salang Alas, Zulkanedi .SP.MMA bersama Sekut (Sekertaris Kute)nya. Rabuman. SP. MMA terus menggali potensi desa mereka.

Demikian di paparkan Pengulu Salang Alas, kepada Berita via WA pribadinya, Senin (5/4) kemarin ,disela-sela melakukan kunjungan kerja ke sejumlah wilayah Wisata desa Provinsi Sumut, termasuk kawasan wisata Tomok, Kab Samosir.

Kute Salang Alas yang berpenduduk 568 jiwa, dari 108 Kepala Keluarga

Di bawah kepemimpinan Zulkanedi, berbagai prestasi sudah diraih olek Kute mereka, diantaranya juara umum MTQ Tk kecamatan Badar.

Dan pengelola posyandu terbaik tahun 2018 versi bursa inovasi desa.telah meraih piagam penghargaan dari Bupati Aceh Tenggara sebagai Desa/Kute ODF tahun 2018.

Tidak sebatas itu, desa Salang Alas juga pernah mengunci sebagai Desa terbaik I Tk provinsi aceh thn 2018, pada bidang pengelolaan dan penggunaan dana desa.

Nominasi desa terbaik nasional tahun 2018 oleh kemendes RI juga pernah diraih.Juara 2 desa binaan kabupaten aceh Tenggara pada 2018.Juara 1 desa binaan tahun 2019. Juara 3 MTQ tk kecamatan badar tahun 2019 lalu.

Tahun ini Kute Salang Alas melaksanakan program pengembangan desa wisata “Salang Alas”, dengan menata pemandian alam sungai DAS Lawe Bulan, membuka kolam pancing, membangun, warung kuliner desa wisata, akan membuka jalur Treking (jalan kaki) di wilayah dusun area persawahan, dan pengembangan budidaya ikan air tawar.Kata Pengulu murah senyum itu.

Kita akan bersinergi dengan Kute/Desa tetangga termasuk Kute Badar Indah, yang tengah mengejar perampungan pembangunan pasilitas pendukung sebagai Kute Wisata Edukasi,oleh Abi Hasan,nantinya terang Zul.

Saat ini Jajarannya tengah merumuskan hasil kunjungan kerja mereka, dari perjalannya selama beberapa hari berkeliling melihat Kute/Desa wilayah sidikalang ,telle,tomok, perapat, siantar,sergei , medan dan brastagi (25-29/3).

Kami akan targetkan pada 2022 nanti, Kute Salang Alas sudah menjadi salah satu kunjungan wisata desa Domestik nantinya.Dengan mengejar Pendapatan Asli Kute (PAK), untuk kesinambungan pembangunan dan peningkatan ekonomi rakyat, tiga tahun kedepan, target Zulkenedi.

Pantauan Berita baru baru ini di beberapa Kute wilayah Kecamatan, termasuk Kute Salang Alas,kec Badar tampak terus berbenah.(aie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *