Mengasah Bakat Mahasiswa dalam Organisasi dan Berwirausaha

  • Bagikan
Mahasiswa dan pelaku Usaha, sedang ikut webiner Uniki.Beritasore/RizalJibro
Mahasiswa dan pelaku Usaha, sedang ikut webiner Uniki.Beritasore/RizalJibro

BIREUEN (Berita): Fakultas Sains Pertanian Dan Peternakan (FAPERTA) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI),menggelar Webinar perdana  pada hari Jum’at tanggal 17 Juli 2020 pada Jam 09.00 WIB dengan tema “Mengasah Bakat Mahasiswa Dalam Organisasi dan Berwirausaha”.

Seminar dilakukan menggunakan Aplikasi Zoom Cloud meeting, Adapun peserta yang mengikutin Acara webinar tersebut yaitu kalangan mahasiswa, karyawan dan para dosen dari lingkup UNIKI maupun luara UNIKI dengan memanfaatkan alat komunikasi handphone dan Laptop.

Wakil Rektor I, Drs. Win Konadi, M.Si dan Dekan FAPERTA drh. Yusrizal Akmal, M.Si kepada Berita, Jum’at (17/07), mengatakan, bahwa webinar ini mengundang pakar Organisasi yaitu  Agusni, S.P., M.Si dan Pakar Wirausahaan yaitu Ilham Zulfahmi, S.Kel., M.Si.

Pertemuan Webinar di pandu oleh Host Mustaqim, M.Si dan Moderator oleh Yudiana, S.P., M.Si  yang merupakan Dosen di Fakultas Sain Pertanian dan Peternakan dari Prodi Peternakan dan Ilmu Pertanian, dengan jumlah peserta yang mengikuti webinar sekitaran 50 orang mahasiswa dan Dosen.

Dalam paparan materi,  Agusni, S.P., M.Si mengatakan organisasi adalah kelompok kerjasama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.

Pada dasarnya ada 3 ciri khusus dari suatu organisasi, yaitu, adanya kelompok manusia, kerjasama yang harmonis, dan kerjasama tersebut berdasar atas hak, kewajiban serta tanggung jawab masing-masing untuk mencapai tujuan.

Beliau juga menyampaikan akan manfaat akan organisasi bagi mahasiswa yaitu, Melatih berkerja sama dalam bentuk tim kerja multi disiplin, Membina sikap mandiri, percaya diri, disiplin, dan bertanggung jawab, Melatih berorganisasi, Melatih berkomunikasi dan menyatakan pendapat didepan umum.

Membina dan mengembangkan minat dan bakat, Menambah wawasan, Meningkatkan rasa kepedulian dan kepekaan pada masyarakat dan lingkungan mahasiswa, serta Membina kemampuan kritis, produktif, kreatif, inovatif.

Paparan Materi Webinar

Dalam paparan materi webinar bapak Zulfahmi, S.Kel., M.Si mengatakan bahwa “Setinggi apapun pengkat yang dimiliki, anda tetap seorang pegawai, sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah bosnya.

Mahasiswa sudah memang harus memiliki jiwa berwirausaha dari usia muda terutama bagi mahasiswa, salah satu usaha yang dapat dilakukan yaitu budidaya jamur tiram yang sudah sangat menjanjikan.

Usaha budidaya jamur tiram juga dapat memberikat manfaat kepada mahasiswa diantara yaitu aplikasi ilmu yang mudah, memberikan penghasilan bagi mahasiswa, membangun karakter berjiwa usahawan bagi mahasiswa, serta membangun jaringan dalam bidang usaha baik tingkat nasional maupun internasional, jelas Zulfahmi (Rj).

Berikan Komentar
  • Bagikan