Update Virus Corona Aceh Tamiang Pasien Sembuh Capai 88 Persen

  • Bagikan
Ketua Tim Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang, Agusliayana Devita, S.STP, M.Si. Beritasore/Ist
Ketua Tim Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang, Agusliayana Devita, S.STP, M.Si. Beritasore/Ist

KUALASIMPANG (Berita) :  Kasus konfirmasi baru atau positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Aceh kian hari kian menurun.

Untuk itu Aceh mendapat apresiasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nasional. Aceh dinilai berhasil mengendalikan penyebaran virus corona dalam dua pekan terakhir.

“Alhamdulillah saat ini Aceh dan termasuk Aceh Tamiang dinilai berhasil mengendalikan penyebaran virus corona,” sebut Ketua Tim Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Agusliayana Devita, S.STP, M.Si, Sabtu (28/11).

Menurutnya keberhasilan Aceh dalam mengendalikan virus corona tersebut diketahui dari Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada media Pers, Jumat (27-11-2020), untuk disiarkan kepada masyarakat.

“Masyarakat perlu kita beritahu ada apresiasi ini karena apresiasi itu diperoleh sebagai hasil kerja keras semua pihak, terutama kesadaran masyarakat yang kian meningkat dalam mencegah penularan virus corona di Aceh,” sebut Devi mengutip keterangan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani di media.

Ia menjelaskan, Satgas COVID-19 Nasional membanding jumlah kasus konfirmasi positif harian di Aceh selama periode 9-15 November vs 19-22 November 2020, yang turun sekitar 6,7%.

Sementara untuk Aceh Tamiang sendiri sambung Devi ada 295 orang dinyatakan sembuh dari total warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 sebanyak 334 orang. ” Yang sembuh itu mencapai 88.3 persen,” ungkap Devi.

Seperti biasa Devi memberikan informasi data terkini pertanggal 28 November 2020 yaitu sebanyak dua orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 dari hasil Swab PCR dan satu orang Terkonfirmasi positif meninggal .

Menurut Devi penambahan dua orang pasien Terkonfirmasi Positif tersebut berasal dari Kecamatan Karang Baru, dan Kejuruan Muda yaitu masing-masing sebanyak satu orang, dan Terkonfirmasi Positif Meninggal satu orang dari Kecamatan Sekerak.

Devi menyampaikan pasien terkonfirmasi positif meninggal sebelumnya sempat di rawat di RSUD Aceh Tamiang pada hari Senin (21/11/20) dan melakukan swab pertama pada Rabu (23/11/20) dan swab ke dua Kamis (24/11/20). ” Kemudian Pasien dinyatakan meninggal pada Jum’at (25/11/20) kemarin,” sebutnya.

Data Terbaru

Kemudian Devi merincikan secara detail perkembangan data terbaru jumlah masyarakat Aceh Tamiang Terkonfirmasi Positif Covid-19 sebagai berikut :

Suspek atau yang dulunya disebut Orang Dalam Pemantauan (ODP) nihil, Probable atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat nihil , Probable meninggal dua orang.

Total warga Aceh Tamiang yang telah Terkonfirmasi Positif Covid-19 sebanyak 334 orang dengan rincian 295 orang sembuh dan 26 orang masih Terkonfirmasi Positif Covid-19, sementara 13 orang lainnya meninggal.

“Secara keseluruhan bulan ini nyaris sangat menurun warga yang Terkonfirmaai Positif Covid-19. Hal terjadi karena masyarakat kita sudah peduli dengan mengikuti Prokes. Menggunakan Masker saat beraktivitas diluar rumah, menjaga jarak serta membiasakan mencuci tangan dengan sabun,” jelasnya.

Sementara sambungnya warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 hingga saat ini sebanyak 26 orang. ” InsyaAllah dengan kita secara bersama – sama mematuhi Prokes jumlah pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 akan nihil,” sebut Devi.

Seperti biasa Devi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mematuhi Peraturan Bupati Aceh Tamiang nomor 30 Tahun 2020 tentang peningkatan penanganan COVID-19 dan instruksi Bupati Aceh Tamiang Nomor 5245 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Selama Pandemi COVID-19.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terus mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan (3M) dan meningkatkan imunitas tubuh, agar penyebaran COVID-19 ini cepat segera berakhir,” harapnya. (hen)

Berikan Komentar
  • Bagikan