Venue Cabor Arung Jeram PON XXI Sumut-Aceh Hampir Rampung

  • Bagikan
Berita Sore/Husaini Amin Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tenggara Bakri Saputra, SPd tengah menunjuk lokasi Venue Arung Jeram Jambur Mamang Kute Tanjung Kecamatan Darul Hasanah Senin (2/9/2024), kepada Irdam Kodam IM Brigjen TNI Yudi Yulistyanto M.A didampingi Dandim 0108 Agara Letkol CZI Arya Murdyanto ST.

KUTACANE (Berita): Pembangunan fasilitas pendukung venue cabang olah raga Arung Jeram PON XXI Aceh-Sumut, di Kabupaten Aceh Tenggara hampir rampung, sudah mencapai 95 persen.

“Untuk rekayasa sungai, venue arung jeram baik di Dusun Pulo Latong Kecamatan Ketambe dan Jambur Mamang Kecamatan Darul Hasanah, sudah rampung,” kata Pj Bupati Aceh Tenggara Drs Syakir MSi kepada Berita melalui Kadisparpora Bakri Saputra Senin (2/9/2024) malam.

Pemda Agara dan PB PON Aceh terus mengebut perampungan semua fasilitas pendukung dalam helatan bergengsi ini, baik di lokasi Pulolatong akan didirikan sejumlah tenda, diantaranya tenda Portable untuk Posko bidang Kesehatan, keamanan, Kontingen dan Posko Media Center.

Semua fasilitas tenda kita dirikan sistem outdoor, termasuk pemasangan 15 unit MCK. “Nanti usai helatan di Ketambe, semua fasilitas pendukung sistem outdoor akan kita pindah ke lokasi Jambur Mamang,” kata Bakri.

“Alhamdulillah atas kerjasama pihak terkait, hari ini semua fasilitas pendukung venue arung jeram, sudah arah finishing, doakan semua akan berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Di sela – sela merampungkan pekerjaan fasilitas pendukung, sudah ada 7 tim mulai berlatih di lokasi venue arung jeram baik di Ketambe dan Jambur mamang

Bahkan , sejumlah kontingen tim arung jeram dari 14 Provinsi, tujuh diantaranya sudah menjajal, di dua lokasi venue Cabor Arung Jeram antara lain kontingen utusan Provinsi Aceh, Sumut, Sumbar, Jatim, Jabar, Banten, DKJ dan Sumbar.

Menjawab Berita, semua pembangunan fasilitas venue arung jeram, tidak terlepas dari menjaga lingkungan sekitar lokasi. “Artinya semua pembangunan fasilitas pendukung sangat ramah akan lingkungan,” ujar Bakri.

Di momen bersejarah ini, “Ayo kita sama-sama untuk menyukseskan PON XXI Aceh- Sumut dengan penuh suka cita,mari kita beri pelayanan terbaik kepada semua tamu kita”.

Karna di Kalender ini, Aceh Tenggara sekaligus dapat menjadi ajang mempromosikan wisata alam dan kuliner Agara ke kancah nasional dan internasional.

Event PON ini, belum tentu akan terjadi dalam masa 100 persen tahun yang akan datang. “Jadi mari kita ukir sejarah ini dengan penuh kenangan positif,” ungkap Bakri.

Expo UMKM

Ia menambahkan dalam even ini juga ada Expo UMKM di dua lokasi venue arung jeram, baik di Kawasan Pulo Latong Kute Ketambe dan Jambur Mamang Kute Tanjung Kecamatan Darul Hasanah.

“Insya Allah Kabupaten Aceh Tenggara selaku tuan rumah, sudah siap sepenuhnya melayani dan memanjakan semua tamu kehormatan dalam ajang cabor arung jeram,” terangnya.

Sementara itu, pantauan Berita dilapangan baik di Kecamatan Ketambe dan Darul Hasanah, sambutan masyarakat sangat luar biasa untuk menyukseskan helatan Cabor Arung Jeram di Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara.(aie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *