Wisata Edukasi Kute Badar Indah Berbenah

  • Bagikan
Tampak Abi Hasan Pengulu Kute Badar Indah Kec Badar Kab Agara Prov Aceh, tengah mengenalkan cara berternak kepada putrinya cara merawat kambing di kandang ternak Lembu, salah satu pusat Wisata Edukasi Kute mereka. beritasore/Husaini Amin
Tampak Abi Hasan Pengulu Kute Badar Indah Kec Badar Kab Agara Prov Aceh, tengah mengenalkan cara berternak kepada putrinya cara merawat kambing di kandang ternak Lembu, salah satu pusat Wisata Edukasi Kute mereka. beritasore/Husaini Amin

KUTACANE ( Berita ) : Dalam upaya menggali potensi wisata edukasi Kute/Desa, Pemerintahan Kute Badar Indah Kec  Badar Kab Agara Prov Aceh Terus berbenah.

Tahun ini, Kute BI telah mulai menata dan mempercantik wilayah Taman Wisata Edukasi Kute, kata Abi Hasan Pengulu Kute Badar Indah menjawab Berita Via Maseggernya, Sabtu Siang (27/3).

Saat ini telah kita kejar perampungannya, meliputi tempat pembuatan lokasi pembajakan sawah, kandang ternak lembu, kambing,bebek serta menyediakan Arena arung jeram Kute BI di sungai DAS Lawe bulan, yang dikenal banyak kalangan, sungai kali Bulan ikut ditata nantinya.

Lokasi wisata keluarga, di pematang persawahan juga kita persiapkan sedini mungkin sebagai pasilitas pendukung sebagai tempat menjajakan Kuliner khas Kute Tanoh Alas.

Kute BI juga memberi ruang kepada warga untuk bergiat dalam pemasaran kerajinan Kute, produk rumahan dengan menyediakan tempat warga Kute berjualan, sebagai wadah pemasaran produk lokal di bawah Kontrol BUMK kata Abi.

Tujuan pembangunan Wisata Kute Badar Indah, dengan target utama kita, untuk memberi kesempatan bagi pelajar usia dini, dapat turun langsung ke lapangan sebagai wadah pelajaran life skill.

Geografis Kute Badar Indah yang memiliki luas wilayah sekitar 15 Ha, dengan jumlah penduduk sekitar 462 jiwa, dari 115 Kepala Keluarga ini, sangat dekat dari pusat Kota Kutacane.

Ditambahkan Wisata Edukasi Kute BI tetap bersinergi dengan Kute tetangga yang berdampingan antaranya Kute Salang Alas.

Harusnya target kita dah rampung pada APBKute 2021, karena dana pembangunan Kute beralih ke penanganan Wabah COVID-19, terpaksa kita targetkan rampung 2021.

Pendapatan Asli Kute (PAK) Pada akhir 2022, dari sektor ini Insya allah bisa mencapai laba bersih sekitar Rp 50 juta, target Pengulu BI yang juga salah satu Bursa Balon Wakil Bupati Agara 2022.

Dalam keseriusan dengan menggali Potensi Wisata Kute, saat ini kami tengah melakukan Kunjungan Kerja kesejumlah daerah wisata di Provinsi Sumatera Utara.

Untuk mengenali Potensi desa mereka secara dekat, kemarin Jum’at (26/3) kami sudah memulai kunjungan di desa Tomok Parsoroan Kab Samosir.

Sepulang Kungker, Kute BI akan mengevaluasi lagi target Program pengembangan Wisata Edukasi Kute kami nantinya, kata Abi Hasan mengakhiri.

Pantauan Berita disejumlah Objek Wisata Kute terus berbenah, baik wilayah Wisata kec Ketambe, Darul Hasanah, Badar,Lawe Alas, Babussalam, Depok, Lawe Bulan, Lawe Sumur, Semadam, Babul Makmur dan kecamatan lainnya terus mencoba menggali dalam pengembangan sektor wisata Kute.(aie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *