Barry Simorangkir: Generasi Muda Majukan Pariwisata Sumut Lewat “Etalase Digital’

  • Bagikan

MEDAN (Berita): Potensi pariwisata Sumatera Utara cukup bagus dan menarik, untuk itu perlu peran generasi muda dalam mengembangkannya menjadi destinasi global melalui media sosial atau “etalase digital ‘.

Barry Simorangkir, Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara mengatakan hal itu kepada wartawan di Medan Sabtu (8/6/2024). Barry siap.bersaing dalam kontestasi Pilkada Sumut November 2024

“Kebetulan pada Sabtu, 8/6/2024 ini di saat saya mengajak keluarga kecil saya yang saya cintai berkunjung ke kawasan Toba, saya diundang oleh Badan Pengurus Cabang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Toba. GMKI Toba pada hari ini menyelenggarakan Dies Natalis II mereka,” kata Barry.

Dalam kesempatan itu Barry menyampaikan pesan-pesan kepada para mahasiswa yang tergabung dalam GMKI mengenai pentingnya kawasan daerah asal mereka di era digital ini. Dimana perkembangan teknologi semakin cepat dan maju berkelipatan dari tahun-tahun ke belakang.

“Maka tentu saja anak-anak muda harus cepat beradaptasi dengan teknologi termutakhir,” ungkapnya.

Barry minta kepada generasi muda agar teknologi ini jangan hanya digunakan untuk urusan remeh remeh saja. “Melainkan melalui smartphone kita, sangat mungkin kita berkontribusi untuk membangun daerah kita,” kata Barry .

Salah satunya melalui teknologi ini kita bisa berkolaborasii dengan pemerintah untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang ada di kawasan.

Media Sosial sebagai Etalase Digital

*Saya orang yang percaya bahwa pekerjaan-pekerjaan besar yang berdampak besar di masyarakat itu berawal dari upaya-upaya kecil kita,” ujarnya.

Beberapa cara yang mudah, karena sejatinya teknologi itu bermanfaat untuk mempermudah aktivitas manusia, khususnya kepada generasi-generasi pewaris masa depan Indonesia ini.

“Hal paling sederhana adalah dengan menggunakan smartphone kita,” katanya.

Dengan begitu indahnya kawasan alam di Toba ini, melalui akun media sosial dan mempublikasikannya, vlog, dan postingan-postingan berbagai platform medsos, dengan hashtag tertentu atau reels yang menjadi viral. Itu semua menjadi apa yang disebut sebagai “etalase digital”.

Salah satunya adalah Barry pernah berkunjung ke sebuah desa. Dan di sana anak-anak muda bertanya apa yang bisa mereka lakukan. Ternyata di sana ada tari-tarian yang menarik, yang tidak semua orang mampu melakukannya, karena harus melalui tata cara adat tertentu seperti bersemedi dan sebagainya.

“Lalu saya usulkan kepada mereka cobalah untuk membuat videonya lalu diposting. Tentu awalnya tidak bisa langsung sempurna,” jelas Barry.

“Namun dengan proses dan ketekunan, setelah setahun kemudian saya kembali ke sana lagi, ternyata daerah tersebut telah ramai dikunjungi oleh para pelancong wisata,” jelasnya lagi.

Jadi menurut Barry, dari vlog-vlog yang dibuat oleh anak-anak muda daerah tersebut menarik perhatian para pengguna internet global.

Barry Simorangkir mantan staf ahli Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemen Kominfo RI) bakal calon Gubernur Sumatera Utara dari PDI-Perjuangan. (. )

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *