JAKARTA, (Berita) : Cloudera, Inc. (NYSE: CLDR), perusahaan enterprise data cloud,hari ini mengumumkan bahwa Bank Central Asia (BCA) telah menggunakan platform Cloudera untuk mendukung kultur BCA yang berfokus pada kebutuhan nasabah.
Dengan menambah kemampuan analisis data nasabah,sehingga BCA dapat terus berinovasi untuk memper kaya customer experience dan mengurangi terjadinya fraud pada aktivitas perbankan.
BCA fokus pada bisnis transaksi perbankan serta menyediakan fasilitaskreditdan solusi keua ngan bagi segmen korporasi, komersial,ritel dan konsumer.
Sebagai salah satu bank terkemukadi Indonesia dan penyedia perbankan konsumen terbesar di regional, BCA menangani lebih dari puluhan juta transaks isetiap hari.
Dengan menggunakan platform pengolahan data sebelumnya, BCA memerlukan waktu berhari-hari untuk menganalisis semua transaksi tersebut, sehingga menyulitkan bank untuk mendapatk angambaran yang akurat dan tepat waktu mengenai profil nasabahnya.
Dengan Cloudera sebagai platform untuk big data dan machine learning, memampukan BCA untuk dapat mengolahdata,baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur seperti dari email, social media dan call center.
BCA secara signifikan dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk melakukan queries dari beberapa hari menjadi beberapa jam, atau bahkan beberapa menit saja.
Sebagai hasilnya,unit bisnis dapat memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai nasabahnya serta menggunakan informasi penting yang mendekati real-time untuk memberikan penawaran produk yang sesuai dengan profil nasabah yang bersangkutan.
Selain itu, platform Cloudera juga memungkinkan bank menjalankan model machine learning untuk otomatisasi proses.
Guna meredakan kekhawatiran yang berkembang seputar keamanan data, BCA juga memanfaatkan platform Cloudera untuk melindungi akses data nasabah dari penyalahgunaan.
Dengan dukungan platform Cloudera, memungkinan bank untuk menjalankan sistem deteksi fraud, dalam mendeteksi anomali pada polatran saksi sehingga dapat mencegah potensi fraud secara lebih baik.
“Memahami kebutuhan nasabah merupakan prioritas utama bisnis kami,” ujar DirgoVanto, Head of Data Management, PT. Bank Central Asia.
“Cloudera telah menjadi bagian dari solusi kami untuk memberdayakan data dalam mendukung penawaran berbagai produk dan layanan perbankan yang inovatif,sejalan dengan kebutuhan nasabah yang terus berkembang.
Best Bank in Indonesia
Kemampuan ini berdampak positif pada peningkatan kepuasan dan loyalitas nasabah, sehingga BCA mendapat pengakuan internasional dan dinobatkan sebagai Best Bank in Indonesia dan Best Asian Bank selama beberapa tahun terakhir.
Dengan adanya percepatan kearah digital banking dan contactless banking untuk nasabah Indonesia yang dipicu pandemi COVID-19, platform data berbasisopen source Cloudera akan dapat membantu perjalanan kami menuju hybrid cloud yang dibutuhkan dengan cara yang aman.”
“Karena kebutuhan nasabah yang terusber kembang, bank harus terus melakukan inovasi produk dan layanan yang berkelanjutan untuk menarik dan mempertahankan nasabah,” ujarRemus Lim, Managing Director of ASEAN and India, Cloudera.
“Seperti yang dicontohkan oleh BCA, platform Cloudera dapat membantu perbankan di Indonesia mencapai hal tersebut dengan memungkinkan untuk menggunakan analitikmulti fungsi seperti penggunaan machine learning untuk mengubah data yang kompleks menjadi informasi penting yang jelas dan dapat ditindak lanjuti.
Semua informasi penting yang tepat waktu tersebut kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional, mempererat hubungan dengan nasabah dan mendukung model-model bisnis baru pada akhirnya memungkinkan bank untuk memberikan pengalaman nasabah yang sangat memuaskan dan mempertahankan daya saing.” (zul)