Bintang Bantu Dana Perangi Corona

  • Bagikan

MADRID (Berita): Parade bintang seperti Cristiano Ronaldo (foto kanan), Lionel Messi (foto kiri), Robert Lewandowski, Pep Guardiola, Jose Mourinho dan lain-lain, ramai-ramai membantu dana untuk perang melawan pandemi virus corona.

Ronaldo dan agennya Jorge Mendes dikabarkan telah menyumbangkan 1 juta euro atau sekitar Rp17,7 miliar untuk membantu tiga unit perawatan intensif (ICU) di Portugal.

Bantuan Ronaldo dan Mendes akan digunakan membeli peralatan-peralatan penting untuk fasilitas ICU di Rumah Sakit Santa Maria Lisbon serta rumah sakit Santo Antonio di Porto.

“Kami dihubungi oleh Jorge Mendes yang mengajukan diri dengan Cristiano Ronaldo untuk mendanai dua unit perawatan intensif bagi pasien yang sakit kritis COVID-19,” beber Daniel Ferro, Presiden RS Santa Maria, seperti dikutip dari Goal, Rabu (25/3).

“Unit itu akan memungkinkan pembukaan 15 tempat tidur perawatan intensif, dilengkapi dengan kipas, monitor dan peralatan lainnya. Centro Hospitalar Universitario do Porto berterima kasih kepada Cristiano Ronaldo dan Jorge Mendes atas inisiatif yang sangat berguna ini,” timpal Paulo Barbosa, Presiden Dewan Rumah Sakit di Porto.

Agen Mendes telah menyediakan 1.000 masker dan 200.000 seragam pelindung ke rumah sakit Sao Joao di Porto pekan lalu serta memesan delapan ventilator lebih lanjut untuk didistribusikan ke rumah sakit di Portugal.

Donasi serupa pun telah dilakukan Messi dan Guardiola di Spanyol. Guardiola menyumbangkan 1 juta euro untuk pembelian dan produksi persediaan serta peralatan medis penting di Barcelona. Messi juga mendonasikan jumlah yang sama ke Klinik Rumah Sakit di Kota Barcelona.

Sumbangan itu disampaikan melalui Yayasan Angel Soler Daniel dan Perguruan Tinggi Kesehatan Barcelona.
“Pep Guardiola menyumbangkan satu juta euro kepada Yayasan Angel Soler Daniel untuk pengadaan alat kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19,” demikian pernyataan resmi pihak Perguruan Tinggi Kesehatan Barcelona.

Sebelum menyampaikan sumbangan tersebut, Guardiola sempat menyerukan penggalangan dana yang berhasil mengumpulkan 33 ribu euro (sekira Rp580 juta) dalam tiga hari.

Spanyol jadi negara Eropa kedua yang terdampak paling parah oleh Covid-19 setelah Italia dengan korban 3.000 lebih meninggal dunia.
Covid-19 telah memaksa banyak ajang olahraga di Spanyol tertangguhkan, termasuk La Liga yang baru-baru ini mengumumkan memperpanjang masa penangguhan mereka hingga waktu yang tidak ditentukan.

Di London, manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho turun langsung untuk membantu badan amal Age UK dan kelompok komunitas Love Your Doorstep pack. Mereka mengirimkan persediaan makanan serta barang-barang penting kepada warga lanjut usia di London utara.
Bek Tottenham Toby Alderweireld lebih memilih untuk menyumbangkan “lusinan” komputer tablet ke rumah sakit dan rumah perawatan, sehingga orang yang terisolasi bisa menghubungi keluarga dan teman mereka.

Sedangkan Lewandowski dan istrinya Anna telah menyumbangkan 1 juta euro untuk amal. Rekan setimnya di Bayern Munich, Joshua Kimmich dan Leon Goretzka, menyumbangkan jumlah yang sama. (waspada.id/m15/goa)

Berikan Komentar
  • Bagikan