Bupati Tapsel Resmikan Menara Pandang Kebun Raya Sipirok

  • Bagikan
Bupati Tapsel, Syahrul saat meresmikan Menara Pandang dan Soft Launching Kebun Raya Sipirok Tapanuli Selatan (KRSTS) di lokasi Kebun Raya Sipirok, jalan Lafran Pane Kec.Sipirok Senin (1/2). Beritasore/Birong RT
Bupati Tapsel, Syahrul saat meresmikan Menara Pandang dan Soft Launching Kebun Raya Sipirok Tapanuli Selatan (KRSTS) di lokasi Kebun Raya Sipirok, jalan Lafran Pane Kec.Sipirok Senin (1/2). Beritasore/Birong RT

TAPSEL (Berita) : Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Syahrul M Pasaribu meresmikan Menara Pandang dan Soft Launching Kebun Raya Sipirok Tapanuli Selatan (KRSTS) di lokasi Kebun Raya Sipirok, jalan Lafran Pane Kec. Sipirok Senin (1/2).

Saat Presmian, Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M Pasaribu mengatakan, bahwa, Kebun Raya Sipirok (KRSTS) ini telah mulai di gagas sejak 3 tahun lalu dan mulai efektif sejak 2 tahun belakangan ini dan letak kebun Raya Sipirok ini berada di pusat Perkantoran Tapsel dengan luas 90 hektar termasuk di dalamnya ada hutan kota, ruang terbuka hijau (RTH) seluas 10 hektar.

“Kebun raya ini nantinya bisa memberikan manfaat bagi keberlangsungan fungsi konservasi, pendidikan, penelitian dan meningkatkan objek wisata,”ucapnya.

Sedangkan, pembangunan Menara Pandang tersebut katanya, bukan menggunakan uang APBD Tapsel namun, dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Agincourt Resources (AR) dengan memiliki luas bangunan sekitar 583 meter persegi.

“Kita optimis KRTS (Menara pandang) bakal menjadi ikon di Kawasan Pantai Barat Sumatera Utara, bahkan menjadi ikon bagi daerah lain di Indonesia, setelah Kebun Raya Bogor,”sebutnya Syahrul.

Sementara, Kepala LIPI mewakili Kepala Kebun Raya Cibodas Dr. Dian Latifah menyampaikan, dalam kebijakan Pemerintah RI dalam pembangunan Kebun Raya merujuk pada berbagai dokumen, termasuk diantaranya UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Agenda 21 Indonesia Bab 16 tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati, IBSAP (Indonesia Biodiversity Strategi and Action Plan) 2015 – 2020.

” Melalui Kebun Raya ini, diharapkan pelestarian dan pemanfaatan sumber daya hayati terutama jenis tumbuhan lokal dapat dilakukan secara berkelanjutan dan terintegrasi dengan pembangunan ekonomi masyarakat sekitarnya,” imbuhnya.

Sedangkan, Ketua Komisi Kejaksaan RI, Barita Simanjuntak dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas capaian kinerja dari Pemkab Tapsel dalam mewujudkan pembangunan di Tapanuli Selatan termasuk atas capaian keberhasilan pembangunan kebun raya Pandang Sipirok,” tuturnya.

Sebelumnya, Bupati Tapsel bersama Ketua Komjak RI, LIPI dan Forkopimda membuka papan selubung dan penandatanganan prasasti Kebun Raya Sipirok diikuti dengan penanaman bibit jenis tanaman monumental di lokasi kebun Raya Pandang Sipirok.(Rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *