Corona Picu Deflasi Sumut

  • Bagikan

MEDAN (Berita): Harga sejumlah kebutuhan pokok selama Maret ini menujukan tren penurunan dibandingkan dengan Februari. Sekalipun corona mewabah, namun harga kebutuhan pokok justru mengalami penurunan.

Hal itu dikatakan pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin kepada Berita di Medan Senin (30/3).

Dari hasil pantauan selama sepekan, harga bawang merah rata rata turun dalam rentang Rp1.000 hingga Rp1.500 per kg nya. Di bulan Februari rata rata Rp30 ribu ke Rp31 ribu menjadi Rp29 ribu ke Rp30 ribuan di bulan Maret ini, atau turun sekitar 3 persen-an.

Harga bawang putih juga mengalami penurunan. Rata-rata bawang putih dijual di kisaran Rp42 ribuan per kg di bulan lalu, saat ini dijual di kisaran rata rata Rp35 ribu hingga Rp36 ribu per kg nya. Atau turun sekitar 14 persenan. Cabai merah juga sama, membukukan penurunan dari kisaran Rp34 hingga Rp36 ribuan di bulan Februari, saat ini dijual di kisaran Rp28 ribuan per kg, atau turun sekitar 17 persen hingga 20 persen.

Cabai rawit juga sama, mengalami penurunan dari kisaran Rp30 ribu – Rp32 ribu per kg. Saat ini dijual di kisaran Rp24 ribu hingga Rp26 ribu per kg atau mengalami penurunan sekitar 20 persen. Meskipun pada dasarnya, komoditas cabe pada 4 hari perdagangan terakhir sudah mencapai Rp15 ribu hingga Rp20 ribuan per kg.

Selain harga yang disebutkan diatas. Harga sayur-sayuran seperti bayam, kangkung, kancang panjang, tomat, sawi, ikan semuanya juga mengalami penurunan. Dan penurunan juga diperkirakan terjadi pada harga tiket pesawat.

Selain sejumlah kebutuhan yang turun tersebut, ada sejumlah komoditas yang rata-ratanya diperdagangkan stabil. Diantaranya adalah minyak goreng yang stabil di level Rp11 ribuan per kg. Selanjutnya ada harga telur ayam yang stabil di kisaran Rp21.600-an per kg nya.

Nah, ada juga yang mengalami kenaikan. Diantaranya gula pasir dari kisaran Rp15 ribuan, saat ini dijual dalam rentang Rp16 ribu per kg hingga Rp17 ribu per kg. Dan selanjutnya ada harga daging ayam yang pada dasarnya stabil namun cenderung naik sekitar Rp300 hingga Rp400 rupiah per kg nya. Saat ini daging ayam dijual di kisaran Rp28 ribuan per kg nya.

Namun, volatilitas harga kebutuhan pokok dipasaran masih sangat tinggi. Beberapa harga yang dijual masyarakat mengalami fluktuasi yang membuat perbedaan harga bisa sangat lebar. Mengambil sampel harga di pukul 6 pagi, dengan jam 9 pagi, maupun siang hari, harganya bisa terpaut sangat jauh.

Gunawan mengatakan di tengah mewabahnya virus Corona, Sumut berpeluang mencetak deflasi di kisaran 0,15 persen – 0,2 persen, dengan potensi bisa diatasnya. Sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami penurunan yang sangat tajam dan konsisten. Tren pelemahan harga kebutuhan pokok belakangan ini tidak terlepas dari keterbatasan aktifitas ekonomi masyarakat seiring dengan penyebaran Corona. (Wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan