Disdagrin Paluta Bagikan Masker Di 17 Pasar

  • Bagikan
17 pasar tradisional dan kuliner dibawah pengelolaan kewenangan pemkab Paluta, dibagikan masker oleh Dinas Perdagangan dan Prindustrian. (Berita Sore/Ikhwan Siregar).
17 pasar tradisional dan kuliner dibawah pengelolaan kewenangan pemkab Paluta, dibagikan masker oleh Dinas Perdagangan dan Prindustrian. (Berita Sore/Ikhwan Siregar).

PALUTA (Berita : Dinas Perdagangan dan Prindustrian ( DISDAGRIN) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bagikan masker secara bertahap di seluruh pasar yang ada di wilayah Paluta. Keseluruhan terdapat 17 pasar tradisional dan kuliner dibawah pengelolaan kewenangan pemkab.

Di dalamnya bernaung sekitar ribuan pedagang dan PKL, Ada ribuan masker yang sudah di siapkan untuk dibagi ke pedagang dan komunitas di pasar, termasuk pengelola parkir dan MCK. Pengunjung pasar juga akan diberi masker gratis,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Prindustrian Padang Lawas Utara Ridi AP MM rabu ( 22/04 ).

Sampai saat ini, sudah ada 8 pasar yang menjadi sasaran kegiatan tersebut yakni Pasar Gunungtua, Pasar Sitiurat, Pasar siunggam, Pasar Langkimat, Pasar Ulok Tano, pasar pangirkiran, pasar purbabangun, pasar matanggor, Di samping membagikan masker, pihaknya juga memberikan edukasi kepada pedagang, pengunjung, dan petugas parkir di pasar agar selalu mengenakan masker kain guna mencegah penyebaran virus corona ( covid-19 ).

Dinas Perdagangan dan Prindustrian ( DISDAGRIN ) Padang Lawas Utara telah mengeluarkan standar operasional prosedur (SOP) pencegahan Covid-19 untuk komunitas yang ada di pasar. Sasaran SOP itu mencakup pedagang, pengunjung, pengelola parkir, dan pengelola MCK.

Kabid Prindustrian pada Dinas Perdagangan dan Prindustrian ( DISDAGRIN ) Padang Lawas Utara Khoiruddin Pulungan SH mengatakan ini adalah langkah edukasi yang dilakukan Untuk mencegah penularan virus corona, di setiap Pasar telah disediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang ditempatkan di setiap pintu masuk Pasar. Semoga pedagang dan pengunjung bisa sama-sama menaatinya” harapnya.

Camat Kecamatan Batang Onang Sofyan Hasibuan SSTP saat di temui dimedia sela sela kegiatan pembagian masker di Pasar Matanggor Kecamatan Batang onang  pihaknya juga memberikan sosialisasi langsung kepada masyarakat yang tengah berada di Pasar, dalam hal ini pihaknya mengarahkan kepada para pedagang maupun pembeli untuk wajib memakai masker, jadi semua orang yang ada di pasar semua harus pakai masker, dan Alhamdulillah masyarakat menyambut baik imbauan kita ini, dan semua masyarakat tadi kita lihat mereka sudah mengenakan masker,” pungkasnya.

Disamping itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat, walaupun wilayah Kecamatan Batang Onang belum ada warga yang PDP maupun terjangkit Corona, kiranya agar selalu waspada, agar tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain ketika berada diluaran.

Kami juga mengimbau kepada seluruh Desa, agar apabila ada tamu yang datang ke kampunya, agar segera melaporkan kepada pihak Pemerintah Kampung ataupun pihak Puskesmas guna mengetahui riwayat perjalanan tamu itu, sehingga dapat diberikan tindakan sesuai dengan protokoler Covid-19,” pungkasnya. (ikh)

Berikan Komentar
  • Bagikan