DPR RI Diharapkan Dorong Pemerintah Pusat Bangun Sumut

  • Bagikan
Gubsu Edy Rahmayadi, bersama Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin,  saat menghadiri acara Silaturahmi Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI bersama Pengurus Partai Golkar Sumutdan unsur Forkopimda. Beritasore/ist
Gubsu Edy Rahmayadi, bersama Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin,  saat menghadiri acara Silaturahmi Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI bersama Pengurus Partai Golkar Sumutdan unsur Forkopimda. Beritasore/ist

MEDAN ( Berita ) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, kembali menyampaikan harapannya. Yakni dukungan dari DPR RI kepada pemerintah pusat, agar memprioritaskan pembangunan di daerah ini.

Harapan itu disampaikan Gubsu Edy Rahmayadi, Jumat pekan lalu di Hotel Adimulya.

Yakni saat menghadiri acara Silaturahmi Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI bersama Pengurus Partai Golkar Sumut dan unsur  Forum Komunikasi Pempinan Daerah (Forkopimda).

Disampaikan Edy Rahmayadi, banyak program pembangunan yang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk DPR RI.

Diantaranya infrasruktur jalan provinsi yang panjangnya sekitar 3.000 km.

“Provinsi lain yang lebih besar, jalan provinsinya tidak sepanjang di Sumut. Makanya ini menjadi persoalan.

Setidaknya kita butuh Rp 3 triliun setiap tahun untuk memperbaiki 500 km jalan setiap tahun.  Karenanya, kami mohon bantuannya dari DPR RI,” kata Edy Rahmayadi.

Program lainnya yang perlu dikungan DPR RI, kata Edy Rahmayadi adalah  keberadaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Toba.

Menurutnya, yang kini telah diupayakan pengurangan KJA  dibantu TNI/Polri. Sebanyak 20% sudah bisa diatasi di daerah Simalungun.

Kemudian untuk pengalihan mata pencaharian, juga tengah diupayakan dengan permohonan bantuan ke pusat.

Selanjutnya adalah sector perkebunan. Kata Edy Rahmayadi,  keberadaan perkebunan, baik milik negara (BUMN/PTPN II, III dan IV) maupun perusahaan swasta,  memakai fasilitas jalan provinsi.

‘’Memang ada Undang-undang menyatakan bahwa itu akan kembali berupa DAK dan DAU.

Tetapi persoalannya pakai hitungan populasi (jumlah penduduk).Kalau dibanding provinsi besar lainnya, perbedaannya terlalu jauh,” sebutnya.

Karena itu melalui para anggota DPR RI dari fraksi Partai Golkar, Edy Rahmayadi berharap, aspirasi tersebut bisa diperjuangkan.

Mengingat hasil perkebunan yang begitu besar didapat dari Sumut, harusnya bisa berbanding lurus dengan dana perimbangan yang diturunkan dari pusat.

Menanggapi itu,  Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Aziz Syamsuddin menyebutkan, pihaknya akan berupaya memperjuangkan aspirasi pembangunan dari provinsi ini kepemerintah pusat.

Dikatakan Aziz Syamsuddin, aspirasi yang disampaikan akan menjadi catatan bagi pihaknya untuk dibahas dilegislatif sesuai Tupoksi dari tiap komisi terkait.

Pihaknya menyarankan agar setiap usulan yang disampaikan pemerintah provinsi  melalui dinas terkait, juga disampaikan kepada DPR RI untuk diketahui. (Wsp)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *