Gubsu : Bupati Batubara Terulah Berbuat Kebaikan Menolong Rakyat

  • Bagikan
Launcing Mobil PCR Kab. Batubara oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di halaman Gubernuran Jln. Jenderal Sudirman 41 Medan Rabu (23/9-2020).Beritasore/Alirsyah 
Launcing Mobil PCR Kab. Batubara oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di halaman Gubernuran Jln. Jenderal Sudirman 41 Medan Rabu (23/9-2020).Beritasore/Alirsyah 

Batubara (Berita) : Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyebutkan, Bupati Batubara Ir. Zahir M.AP teruslah berkarya.

Hal itu disampaikannya pada  Lounching mobil PCR Kabupaten Batubara dihalaman Gubernuran Jln. Jenderal Sudirman 41 Medan Rabu (23/9-2020), dihadiri Bupati Batubara Ir.Zahir M.AP, Sekdakab Sakti Alam Siregar, Kadis Kesehatan Sumut Alwi, Kadis Budpar Sumut, Ria Telaumbanua, Kadis Kesehatan Batubara Wahid,Kadis Pendidikan Ilyas Sitorus,Kadis Perkim Norma, Kaban BPBD,Anwardi dan Kadis Dishub Jones serta Kadis Kominfo Andre.

Teruslah berbuat kebaikan untuk menolong rakyat dan mengapresiasi niat baik Bupati Batubara dalam wujud nyata menolong masyarakat kata Gubsu.

Pemerintah Sumatera Utara melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 juga akan membantu satu unit peralatan Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada Pemerintah Kabupaten Batubara mengingat posisi strategis Batubara sebagai daerah kawasan strategis nasional dan kawasan yang berbatasan langsung dengan selat malaka.

Peralatan Laboratorium PCR akan distribusikan langsung kepada Pemerintah Kabupaten Batubara selain itu kepulauan Nias, Padang Sidempuan jelas Edy.

Fast lab mobile combat untuk kabupaten Batubara terdiri dari 1 mesin PCR dengan kapasitas 1 kali running sebanyak 8 sampel.

Proses yang terjadi di dalam mobile combat PCR terdiri dari proses swab, proses ekstraksi dan proses analis dengan total waktu diperlukan 1,5 jam satu hari, sampel mencapai 100-200 sampel.

Terpisah Bupati Batubara, Ir.H.Zahir, M.AP lewat pesan WhatsApp resminya mengatakan bahwa keberadaan mobil PCR, ini sangat membantu masyarakat Batubara umumnya masyarakat Sumatera Utara yang membutuhkan.

Support Pak Gubernur selama ini kepada Batubara membuahkan hasil, akhirnya mobil PCR Covid-19 di Laoncing “terimakasih Pak Gubernur Sumatera Utara ucap Bupati Batubara.

Senada dikatakan jubir Gugus Tugas Covid-19 Kab.Batubara dr. Wahid Khusairi didampingi Sekdakab. Batubara H. Sakti Alam Siregar SH, Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus menyebutkan proses swab sampai analis dengan PCR memerlukan waktu kurang lebih 1.5 jam, dalam satu hari kapasitas sampel bisa mencapai 100-200 sampel.

Kata Jubir Gugus Tugas Covid-19 Batubara Fast lab mobile combat terdapat negatif pressure sehingga proses yang terjadi di dalam mobil aman dari kontaminasi.Fast lab mobile combite juga dilengkapi lampu UV yang terdapat di chamber swab dan chamber ekstraksi untuk mensterilkan area kerja sehingga bebas kontaminasi.

Katanya proses swab pasien berada diluar melalui jendela mobil sehingga pasien dan petugas medis tidak kontak langsung untuk mengurangi resiko terpapar satu sama lain.

Setiap selesai satu pasien diswab, petugas medis langsung mensterilkan area swab dengan alkohol 70% sehingga pasien selanjutnya aman dari paparan pasien sebelumnya.

Kemudian proses swab pasien melalui dua lubang hidung menggunakan stik swab ( Dacron) langsung dimasukkan segera mungkin ke dalam Buffer dan kemudian dipanaskan dengan heatblok selama 5 menit suhu 90 derajat celsius.

Setelah itu, masuk kedalam ruang antara (intermediate chamber) untuk mendinginkan sampel sampai suhu ruang, proses selanjutnya yaitu proses ekstraksi sampel di dalam chamber ekstraksi, didalam chamber tersebut terdapat lampu untuk penerangan area kerja yang cukup.

Proses ekstraksi mulai dari proses centrifudge untuk mengambil 10 mikro liter rna dari pasien, proses centrifudge memakan waktu kurang lebih 1 menit, setelah rna tersebut diambil kemudian masuk kedalam crystal mix dan di centrifudge lagi selama 1 menit, tahap terakhir yaitu masukkan kedalam chip bar dan ditutup dengan sil (perekat).

Sampel siap running ke alat pcr dalam kurun waktu selama 40 menit sampai hasil ke luar lalu di upload ke Cloud untuk selanjutnya di Blast melalui sms dan whatsapp pasien.

Hadir Bupati Batubara Ir.Zahir M.AP, Sekdakab Sakti Alam Siregar, Kadis Kesehatan Sumut Alwi, Kadis Budpar Sumut, Ria Telaumbanua, Kadis Kesehatan Batubara Wahid,Kadis Pendidikan Ilyas Sitorus,Kadis Perkim Norma, Kaban BPBD,Anwardi dan Kadis Dishub Jones serta Kadis Kominfo Andre.(als)

Berikan Komentar
  • Bagikan