Harga Gula Tinggi, Rp17.000-Rp20.000/kg

  • Bagikan

MEDAN (Berita): Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) meminta pemerintah memberikan kebijakan yang mendukung petani tebu agar mereka mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Mahalnya harga gula di pasaran saat ini mendapat perhatian KPPU karena sudah menembus Rp17.000-Rp20.000 per kg di pasaran. Bahkan di tolo retail, stok gula tak ada, kalaupun ada, konsumen hanya dibolehkan membeli 2 bungkus atau 2 kg saja

Sebagai bentuk keprihatinannya itu KPPU melakukan penelitian. Salah satu hasilnya adalah adanya persoalan tingginya harga gula pasir atau gula konsumsi nasional dari dua sisi, yakni kinerja sektor dan perilaku pelaku usahanya.

Juru bicara sekaligus anggota KPPU Guntur S Saragih menyebutkan kinerja sektor ini terkait dengan faktor-faktor pembentuk harga (seperti produksi, penyimpanan, dan distribusi).

“Perilaku pelaku usaha terkait bagaimana para pelaku usaha berinteraksi dalam melakukan kegiatan usahanya. Kedua sisi ini tentunya dapat saling terkait,” kata Guntur dalam siaran persnya, Rabu (20/5/2020).

Sebagaimana pernyataan KPPU dalam siaran pers sebelumnya, perilaku pelaku usaha ditangani dalam suatu proses penegakan hukum yang tengah berjalan.

Sementara kinerja sektor ditangani dalam suatu proses kajian atau penelitian.

Disebutkan Guntur, Indonesia membutuhkan gula konsumsi sekitar 3 juta ton/tahun. Jumlah ini 73 persennya atau sekitar 2,1 juta hingga 2,2 juta ton dipenuhi produksi dalam negeri, sementara sisanya dari impor.

Pasokan tersebut dilakukan 24 pelaku usaha dengan total kepemilikan 58 pabrik gula.

Dari jumlah produksi dalam negeri tersebut, hingga 36 persennya dipenuhi pabrik gula swasta yang memperoleh tebu dari perkebunan gula rakyat.

Sisanya atau sekitar 800 ribu hingga 900 ribu ton dipenuhi melalui impor, baik dalam bentuk raw sugar atau gula kristal putih.
“Dengan kecenderungan pasar yang oligopolistik, pemenuhan pasokan dan distribusi gula dilakukan beberapa pelaku usaha, baik berupa Badan Usaha Milik Negara atau pun pelaku usaha swasta,” ungkapnya

Menurut Guntur, kemampuan bersaing produsen gula di Indonesia ditentukan kemampuannya dalam efisiensi berproduksi.

Dalam artian, sejauh mana produsen gula mampu memproduksi dengan harga pokok yang terbaik. Saat ini, kemampuan tersebut masih berbeda-beda.

Penelitian di KPPU menemukan pelaku usaha swasta yang memiliki lahan perkebunan sendiri yang efisien mampu memproduksi dengan harga pokok yang berkisar antara

Rp6.000 hingga Rp 9.000 per kilogram.

Sementara harga pokok produksi petani tebu yang bermitra dengan pabrik gula, berdasarkan informasi Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) adalah sekitar Rp 12.000 hingga Rp 14.000, yang notabene dapat berada di atas harga acuan penjualan.

Dia menilai tingginya harga pokok produksi petani tebu tersebut tentunya mengurangi kemampuan gula petani dalam berkompetisi dengan gula hasil produsen gula yang efisien.

Di sisi lain, pelaku usaha yang efisien lebih diuntungkan dengan keberadaan harga acuan penjualan yang ditetapkan Pemerintah (yakni Rp 12.500/kg).

Hal ini terjadi juga pada import77ir gula kristal putih (baik gula kristal putih langsung atau melalui raw sugar yang diolah), yang harga pokok produksinya juga rendah.

Keuntungan tersebut makin signifikan dengan harga pasar yang tinggi saat ini.

Sebagai ilustrasi, misalnya dengan kemampuan biaya produksi pabrik paling efisien yang berkisar di Rp 6.000/kg, dibandingkan dengan harga pasar saat ini yang mencapai Rp 17.500/kg, keuntungannya dapat mencapai 190%.

KPPU menilai pandangan para pelaku usaha yang menganggap nilai HET sebesar Rp. 12.500/Kg yang ditetapkan pemerintah saat ini kerendahan, tidak lah tepat.

Ide untuk menaikkan HET pada dasarnya tidak menyentuh substansi persoalan. Pelaku usaha petani rakyat tidak pada bagian yang paling menikmati.

Kenaikan ini justru paling dinikmati pelaku usaha besar nasional dan pelaku usaha importir, dikarenakan adanya selisih harga yang begitu besar.

Harga gula di Indonesia saat ini jauh berada di atas harga acuan penjualan di level konsumen, dan bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan harga internasional.

Sebelumnya KPPU menyampaikan berdasarkan data International Sugar Organization, harga gula nasional dapat mencapai 240%-260% lebih tinggi dibandingkan harga internasional pada bApril dan Mei 2020.

Sebagaimana diketahui bersama harga gula internasional dalam 1 (satu) tahun belakangan ini cenderung stabil di harga Rp 5.000,- s.d Rp 6.000, per kilogram.

Beberapa indikator harga internasional menunjukkan 2 bulan terakhir, Maret dan April 2020 trend penurunan yang signifikan.

KPPU menilai biaya yang ditanggung konsumen untuk membayar lebih tinggi jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya pemerintah untuk melakukan optimalisasi produktifitas industri gula petani rakyat.(Wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan