Jelang Lebaran, Harga Pangan Naik

  • Bagikan
Harga daging sapi, tomat, cabai merah mengalami kenaikan jelang lima hari lagi lebaran, foto di Pasar Simpang Limun Medan Selasa (19/5). BeritaSore/ist
Harga daging sapi, tomat, cabai merah mengalami kenaikan jelang lima hari lagi lebaran, foto di Pasar Simpang Limun Medan Selasa (19/5). BeritaSore/ist

MEDAN (Berita): Menjelang lima hari lagi lebaran Idul Fitri 1441 H/tahun 2020, harga pangan mulai bergerak naik sekalipun daya beli tahun ini imba menurun dibanding jelang lebaran tahun lalu.

Sejak wabah corona merebak Informasi dari sejumlah pedagang di Pasar Simpang Limun Medan Selasa (19/5), kenaikan harga bahan pangan itu karena mengikuti pola kalau biasanya jelang lebaran semua naik. Jadi bukan karena mbludaknya pembeli jelang lebaran.

“Biasalah, tak sampai seminggu lagi lebaran. Jadi semuanya naik,” ungkap Adi, pedagang sayuran mayur di Pasar Simpang Limun Medan.

Dia menyebut, harga cabai merah Selasa (19/5) Rp28.000 per kg, padahal minggu lalu masih Rp14.000-Rp16.000 per kg. Cabai kecil Rp24.000 per kg, cabai hijau Rp18.000 per kg. Bawang merah harganya tetap tinggi di posisi Rp52.000 per kg. Tomat juga naik harganya mencapai Rp13.000 per kg. Harga bawang putih stabil di Rp24.000 pers kg.

Sayur mayur lainnya yang mengalami kenaikan seperti kacang panjang, labu jipang wortel yang biasa dibuat orang untuk sayur lontong.

Harga daging sapi

Harga daging sapi juga naik dari Rp110.000 per kg, jadi Rp120.000 per kg. “Mendekati dua hari jelang lebaran nanti, akan naik lagi,” kata Hj Saniah, penjual daging di Pasar Simpang Limun Medan.

Menurut dia, saat ini tak sampai seminggu lagi lebaran, sudah banyak yang beli daging untuk stok supaya tidak terlalu ramai pas jelang lebaran nanti.

Kondisi itu pun terlihat bertambahnya lapak penjualan daging sapi di Pasar Simpang Limun. Biasanya pasar itu ramai hari Sabtu dan Minggu, namun sekar Senin (18/5) keramaian di pasar tersebut luar biasa. “Ramai kali seperti dua hari atau besok lebaran saja,” ungkap salah seorang yang pembeli daging di sana.

Keramaian di pasar tersebut seperti tidak ada wabah Covid-19, baik pedagang maupun pembeli banyak yang tak pakai masker. Bahkan masuk ke pasar tersebut tidak ada disediakan cuci tangan dan air. Namun di pasar baru, masih lokasi Pasar Simpang Limun, disediakan cuci sabun dan air petnya di setiap pintu masuk.

Harga ikan basah juga bervariasi yang sudah sebelumnya mengalami kenaikan. Harga minyak goreng Rp10.000, sedangkan yang kemasan bervariasi, gula pasir Rp17.000 per kg. (Wie)

 

 

Berikan Komentar
  • Bagikan