Kerjasama Indo-Pasifik Terkait COVID-19

  • Bagikan

JAKARTA (Berita): Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden Trump, Amerika Serikat bekerja dengan rekan-rekan serta mitra-mitranya di seluruh dunia untuk mengkoordinasikan upaya-upaya kami dalam menghentikan penyebaran pandemi COVID-19.

Siaran pers dari Kedubes Amerika Serikat di Jakarta yang diterima Berita Selasa (19/5) menyebutkan Amerika Serikat menghargai kerjasama dengan para sekutu dan mitra untuk melawan pandemi ini dan merencanakan pemulihan bersama.

Selain kepemimpinan Presiden dan Menteri Luar Negeri dengan rekanan di G7, G20, ASEAN dan beberapa pihak lainnya.

Deputi Menteri Luar Negeri Stephen E Biegun telah melakukan koordinasi setingkat wakil menteri via telepon dengan dengan para sekutu dan mitra sejak tanggal 19 Maret.

Komunikasi ini telah memungkinkan Amerika Serikat dan mitra Indo-Pasifik kami untuk saling berbagi gagasan dan contoh terbaik guna merespon tantangan yang khusus dan kompleks yang ditimbulkan oleh pandemi global serta merencanakan pembukaan kembali kegiatan ekonomi kami dengan aman, sejalan dengan kepentingan bersama kami untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Amerika Serikat terus bekerja sama secara erat dengan mitra-mitra kami di Indonesia dalam upaya tanggap COVID-19 di Indonesia.

Di Indonesia, hingga saat ini Amerika Serikat telah berkomitmen sebesar 7,3 juta dolar ( Rp 113 miliar ) guna mendukung upaya tanggap COVID-19 skala nasional.

Program-program tersebut mencakup upaya percepatan mendeteksi dan melacak kasus, investasi untuk mencegah penyebaran penyakit, dan mendukung upaya menyelamatkan mereka yang sakit.

“Kami juga bekerja untuk menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia melalui peningkatan komunikasi risiko dan praktik kebersihan,” kata Stephen E Biegun. (Rel/Wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan