KM Kelud  Beroperasi Kembali,  PT Pelni Layani Tiket Offline 

  • Bagikan

BELAWAN (Berita) : Pelayaran KM Kelud sudah mulai beroperasi dari Tanjungpriok tujuan Batam dan Belawan. Rencananya, angkutan massal tersebut akan tiba di Belawan pada Senin, 8 Juni 2020 mendatang.

Pelayanan tiket secara offline sudah dibuka besok untuk calon penumpang  dengan membeli tiket langsung ke kantor PT Pelni Cabang Medan. Pelayanan ini dilakukan untuk menjalankan arahan protokoler kesehatan penanganan Covid-19.

“Mulai tanggal 5 Juni 2020, kantor PT Pelni telah membuka tiket offline untuk tujuan Batam dan Tanjungpriok. Bagi calon penumpang yang membeli tiket harus membawa syarat dalam pemesanan tiket disampaikan ke petugas di loket,” kata Kepala Cabang PT Pelni Medan, Luthfi, Kamis (4/5).

Dijelaskan Luthfi, adapun syarat yang harus dipenuhi calon penumpang adalah, surat keterangan bebas Covid-19, surat izin keluar masuk, berbadan sehat dan dilengkapi masker sesuai arahan protokoler kesehatan. Apabila syarat tersebut tidak dipenuhi, maka tiket tidak bisa dilayani kepada calon penumpang.

Layani Tiket Offline

“Kita tetap menjalankan prosedur protokoler kesehatan, makanya kita layani tiket secara offline, agar syarat yang diminta dapat disampaikan langsung ke petugas. Kalau secara online, otomatis kita tidak bisa mengecek syarat yang kita minta,” pungkas Luthfi.

Untuk KM Kelud, kata Luthfi, sudah menerima surat resmi untuk jadwal operasional. KM Kelud berangkat dari Tanjungpriok pada tanggal 5 Juni tiba di Belawan pada tanggal 8 Juni dan kembali berangkat pada 9 Juni.

“Memasuki new normal, KM Kelud akan kembali beroperasi perdana. Harapannya, masyarakat dapat mematuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh manajemen,” tuturnya.

Dijelaskannya, untuk kapasitas penumpang sesuai dengan pedoman protokoler kesehatan, KM Kelud akan mengangkut 50 persen penumpang dari jumlah normal 2.607 orang.

Bagi calon penumpang wajib dilakukan  pemeriksaan saat berangkat dan tiba  oleh petugas kesehatan di pelabuhan.

“Kita tetap tingkatkan pengawasan dalam operasional KM Kelud dengan mematuhi protokoler kesehatan,” tutupnya.

Terpisah, Manajer Umum Pelindo 1 Cabang Belawan, Khairul Ulya mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan operasi terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan sesuai ketetapan pemerintah melalui new normal.

Persiapan dilakukan dengan cek point untuk pemeriksaan penumpang yang datang maupun calon penumpang yang akan berangkat.

“Fasilitas cek point yang dijalankan adalah rapid test, pemeriksaan suhu penumpang, penggunaan masker, penyemprotan disinfektan serta physical distancing sesuai dengan standar kesehatan,” jelasnya. (att)

Berikan Komentar
  • Bagikan