Masyarakat Di Zona Hijau Covid-19 Bisa Sholat Idul Fitri Di Tempat Umum

  • Bagikan

Jakarta (Berita): Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin mengatakan masyarakat yang berada di zona hijau pandemi virus corona (Covid-19) bisa melaksanakan Sholat Idul Fitri di tempat umum.

Tapi, kata Kamarudin, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menggelar Sholat Id seperti biasa. Salah satunya jaminan dari pemda ataupun ahli.

“Secara umum begitu (mengimbau masyarakat Sholat Id di rumah), kecuali kalau ada pemerintah daerah yang menggaransi, misalnya di desa-desa, di kampung-kampung, seperti fatwa MUI begitu,” kata Kamaruddin saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (14/5).

“Bahwa di situ sama sekali tidak ada, ya boleh saja melaksanakan Sholat Id, misalnya,” sambungnya.

Meski begitu, kata Kamaruddin, sikap Kementerian Agama masih sama. Kemenag mengimbau masyarakat di seluruh wilayah Indonesia untuk menjalankan Sholat Id di rumah masing-masing.

Kamaruddin menyebut Kemenag memutuskan untuk tidak melonggarkan pembatasan kegiatan di rumah ibadah karena tren pandemi corona masih meningkat.

“Kalau Kementerian Agama secara umum saja mengatakan bahwa sudahlah ibadah di rumah saja, kita ikhlaskan saja karena kita tidak pernah tahu kalau tempat itu sama sekali bebas dari Covid-19,” ujarnya.

Kamaruddin menjelaskan tak ada sanksi jika masyarakat tak mengikuti imbauan Kemenag. Kemenag menyerahkan pengawasan di daerah kepada pemerintah daerah.

“Yang menertibkan atau apa namanya, memberi sanksi atau apapun itu, dari pemda bersama dengan mungkin pihak kepolisian. Kemenag memberi imbauan saja,” ujar dia.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi meminta masyarakat untuk melaksanakan Sholat Id di rumah masing-masing selama pandemi virus corona (Covid-19). Pernyataan itu ia sampaikan beberapa hari setelah melempar wacana pembatasan rumah ibadah.

“Betul, boleh tidak Sholat, karena hukumnya sunnah. Tapi Menag menyarankan untuk tetap sholat di rumah, karena hukumnya sunnah muakkadah, sangat dianjurkan,” ucap Fachrul menjawab pertanyaan CNNINdonesia.com lewat pesan singkat, Rabu (13/5).(cnn).

Berikan Komentar
  • Bagikan