MUI Dan Ormas Islam Di Simalungun Deklarasi Cinta Damai

  • Bagikan
Ketua MUI dan para Ketua Ormas Islam saat deklarasi Cinta Damai dan Pilkada Damai dalam foto bersama di depan gedung MUI Jalan Sangnaualuh Kec. Siantar
Ketua MUI dan para Ketua Ormas Islam saat deklarasi Cinta Damai dan Pilkada Damai dalam foto bersama di depan gedung MUI Jalan Sangnaualuh Kec. Siantar

SIMALUNGUN (Berita): Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama sejumlah ormas Islam Kab. Simalungun, melakukan deklarasi Cinta Damai, menolak aksi anarkisme, premanisme dan intoleran yang mengganggu situasi Kamtibmas.

Selain itu, Ketua MUI dan para Ketua Ormas Islam dimaksud juga mendeklarasikan pelaksanaan Pilkada Damai yang akan digelar secara serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Deklarasi Cinta Damai tersebut dilaksanakan di Gedung MUI Kab. Simalungun, Jalan Sangnaualuh Kec. Siantar, Sabtu (24/10), dihadiri Ketua MUI Kab. Simalungun, H. Abdul Halim Lubis, SHI,MM, Ketua NU Kab. Simalungun, Sakoanda Siregar, S.Ag , Ketua Muhammadiyah Kab. Simalungun H.Tugio WR, S.Ag, Ketua Al Washliyah Kab. Simalungun, Drs. H. Nurdin Panjaitan, Ketua Fatwa MUI Kab. Simalungun, H.Ikhwanuddin LC, MM, Sekum MUI Kab. Simalungun, H. Rasiddin Siregar, S.PdI, Ketua Pendidikan MUI Kab. Simalungun, Drs. Dardjat Purba, bersama pengurus lainnya.

Ketua MUI Kab. Simalungun,  H. Abdul Halim Lubis, menjelaskan bahwa deklarasi Cinta Damai ini bertujuan agar seluruh umat Islam yang ada diwilayah Kab. Simalungun turut serta menjaga keamanan serta ketertiban bermasyarakat. Selalu dapat memiliki rasa toleransi yang tinggi tidak mudah terprovokasi atas hasutan-hasutan ataupun berita-berita provokasi seperti berita hoax yang mudah sekali beredar, sehingga menimbulkan kerawanan tindakan anarkisme yang akhirnya dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab seperti premanisme.

Pada kesempatan itu, Ketua MUI Simalungun tersebut juga mengajak seluruh Ketua ormas-ormas yang ada di Wilayah Kab. Simalungun untuk bersama-sama mendukung pihak Polres Simalungun dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada 2020, untuk terciptanya suasana yang kondusif dan damai, serta sehat karena kita masih mengalami pandemi Covid-19. 

” Untuk itu semua, kita juga harus tetap melakasanakan protokol kesehatan,” ujar Abdul Halim Lubis.

Sementara, menyikapi deklarasi Cinta Damai tersebut, Kapolres Simaluangun AKBP Agus Waluyo, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Ketua MUI Kab. Simalungun H. Abdul Halim Lubis dan para Ketua Ormas-Ormas yang telah mendukung kinerja pihak Polres Simalungun dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada 2020.

Apa yang dilakukan adalah harapan untuk terciptanya suasana yang kondusif dan damai juga membantu pihak kepolisian memberantas premanisme dengan menolak aksi-aksi anarkisme, premanisme dan intoleran.

” Apresiasi yang tinggi dan terima kasih kepada bapak-bapak Ketua MUI dan Ketua Ormas. Dengan adanya deklarasi Cinta Damai ini, kita berharap terciptanya keamanan serta ketertiban masyarakat yang kondusif, aman dan terkendali di Wilayah Kabupaten Simalungun,” ucap AKBP Agus Waluyo.(a27)…

Berikan Komentar
  • Bagikan