Mulai Besok Sejumlah Mal Di Medan Tutup

  • Bagikan

MEDAN (Berita): Akibat mewabahnya virus Corona (Covid-19), pengunjung mall juga anjlok drastis, selain itu guna mendukung imbauan Pemerintah Indonesia dan imbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), sejumlah mall di Medan menutup sementara kegiatannya mulai besok, Rabu, 1 April 2020.

Lippo Malls Indonesia mengambil langkah dengan menutup sementara mal yang dimulai pada hari ini (1/4) dan akan melakukan pembukaan kembali mal pada Rabu (15/4) mendatang. Bahkan Binjai Super Mall sudah tutup mulai hari ini Selasa (31/3).

Marcomm Manager Sun Plaza, Yokie mengatakan, dengan menutup sementara operasional mal, pihaknya berharap dapat mengurangi mobilitas warga dan melindungi masyarakat dari dampak Covid-19 yang semakin meningkat secara nasional dan sebagai bentuk tanggung jawab Lippo Malls Indonesia untuk membantu pemerintah dan juga rumah sakit untuk memperlambat penyebaran Covid-19.

Yokie menyebut penutupan ini juga sejalan dengan imbauan pemerintah pusat untuk bekerja dari rumah dan menjaga jarak serta kebijakan beberapa pemerintah daerah untuk melakukan penutupan kantor-kantor dan beberapa bidang usaha.

“Namun demikian, untuk tenant yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti supermarket, bank, apotek dan restoran tertentu yang menyediakan jasa pesan antar akan tetap beroperasional melayani masyarakat,” jelasnya.

Seperti halnya Hypermart, yang tetap beroperasional mulai pukul 11.00-20.00 WIB (weekday) dan pukul 11.00-21.00 WIB (weekend). Sementara, untuk bank, apotek dan restoran tertentu beroperasional mulai pukul 11.00-18.00 WIB (all day).

“Kami berdoa dan tetap berpikir positif bahwa situasi akan membaik sehingga kami dapat beroperasi normal kembali untuk melayani masyarakat. Kami yakin Indonesia dapat melewati masa sulit ini,” ungkapnya.

Hal senada diutarakan Marcomm Manager Plaza Medan Fair, Lenny Yun Manalu. Ia menyebutkan, Plaza Medan Fair akan tutup sementara selama 14 hari dan akan beroperasional kembali pada Rabu (15/4).

“Namun demikian, untuk tenant yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti supermarket, bank, apotek, dan restoran tertentu yang menyediakan jasa pesan antar akan tetap beroperasional melayani masyarakat mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, dari hari Senin hingga Minggu,” ujarnya.

Sementara, Marketing Manager Plaza Millennium ICT Center, Machruzar menyebutkan bahwa hingga saat ini Plaza Millennium masih beroperasional, hanya saja jam operasionalnya dibatasi mulai pukul 12.00 hingga 19.00 WIB.

“Namun, tidak menutup kemungkinan kita akan menutup operasional secara keseluruhan. Mungkin di akhir minggu ini kita akan berlakukan penutupan secara keseluruhan, karena memang kebijakan ini sedang didiskusikan secara internal,” sebutnya.

Namun, seperti gerai ATM dan restoran yang memiliki fasilitas jasa pesan antar, imbuhnya, akan tetap buka mulai pukul 12.00 hingga 22.00 WIB.

“Jika nanti diberlakukan penutupan secara keseluruhan, tenant-tenant tidak akan kita kenakan biaya sewa maupun service charge selama Plaza Millennium tutup. Kita akan berikan keringanan karena posisinya kita sama-sama dirugikan. Untuk karyawan, mau tidak mau ya akan kita ‘rumahkan’ sementara,” pungkasnya.

Marcomm Delipark Medan, Gledy Simanjuntak juga mengatakan hal yang sama. Delipark Mall Medan akan tetap beroperasi dengan jam operasional yang lebih pendek yakni pukul 11.00 hingga 18.00 WIB.

“Kita sudah mendapatkan informasi perihal perubahan status perpanjangan masa darurat menjadi tanggap darurat. Sehubungan dengan ini, kita masih tetap beroperasi dengan jam operasional yang lebih pendek. Untuk tenant, hingga saat ini tidak semuanya tutup, masih ada sebagian tenant yang memilih untuk tetap buka,” tutupnya. (Wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan