PDAM Tirtanadi Terapkan Catat Meter Mandiri

  • Bagikan

MEDAN (Berita): Mengantisipasi Virus Corona (COVID-19) yang saat ini berkembang PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara memberikan solusi antara lain mencatat meter air secara mandiri dengan menggunakan telepon selular pelanggan.

“Caranya sangat mudah, pelanggan cukup mengirimkan foto angka stand meter dan nomor pelanggan, dengan menandakan angka dua digit di awal pada no pelanggan,” kata
Humarkar Ritonga, Kepala Divisi (Kadiv) Sekretaris Perusahaan (Sekper) PDAM Tirtanadi Sumut kepada wartawan Senin (20/4/2020).

Ia memberi contoh: ketik no pelanggan (0108110025) kemudian angka meter (2995811) dan nama pelanggan (RIZKY) selanjutnya kirim ke no WhatsApp (WA) sesuai kantor cabang pelayanan.

Humarkar berharap pelanggan dapat melakukan catat meter mandiri ini, karena jika pelanggan tidak menyampaikan catat meter mandiri maka PDAM Tirtanadi akan menaksir tiga bulan terakhir tertinggi dari pembayaran air pelanggan tersebut.

Adapun no WA palayanan sesuai cabang PDAM Tirtanadi sebagai
berikut : Cabang Medan Kota menandakan digit no pelanggan 01dengan no WA 082165487692, Cabang Sei Agul menandakan digit pelanggan 02, no WA 082166062200, Cabang Medan Denai menandakan digit pelanggan 03, no WA 082164530378, Cabang Medan Labuhan menandakan digit pelanggan 04, no WA 085264182900, Cabang Sibolangit menandakan digit pelanggan 05, no WA 082283116438.

Cabang Berastagi menandakan digit no pelanggan 06, no WA 085369390615, Cabang Sunggal menandakan digit pelanggan 07, no WA 08887910663, Cabang Padang Bulan menandakan digit pelanggan 08, no WA 08116000512, Cabang Delitua menandakan digit pelanggan 09, no WA 082164544975, Cabang Tuasan menandakan digit pelanggan 11, no WA 082367566792.

Cabang Deliserdang menandakan digit pelanggan 13, no WA 085261489645, Cabang Tapanuli Selatan menandakan digit pelanggan 14, no WA 082277242011, Cabang Tapanuli Tengah menandakan digit pelanggan 16, no WA 085275273231, Cabang Tobasa menandakan digit pelanggan 17, no WA 081397564919, Cabang HM Yamin menandakan digit pelanggan 20, no WA 082163979088, Cabang Diski menandakan digit pelanggan 21, no WA 089603432228,.

Cabang Samosir menandakan digit pelanggan 22, no WA 082167372167, Cabang Nias Selatan menandakan digit pelanggan 23, no WA 085262606654, Cabang Medan Amplas menandakan digit pelanggan 24, no WA 082247131533, Cabang Belawan Kota menandakan digit pelanggan 27, no WA 087747131533, dan Cabang Cemara menandakan digit pelanggan 28, no WA 085264060747.

Terobosan baru ini dilakukan untuk mengantisipasi merebaknya wabah Virus Corona dengan melakukan physical distancing sehingga petugas pencatat meter tidak datang ke rumah pelanggan untuk mencatat meter. “Untuk itu diharapkan kepada seluruh pelanggan dapat memaklumi keadaan ini demi mengurai terjangkitnya penyebaran Virus Corona,” kata Humakar.

Selain mencatat meter air secara mandiri, pelanggan juga bisa melakukan pembayaran air melalui online dan juga melalui handphone (HP) menggunakan mobil banking, sehingga sangat mudah, praktis dan dapat dilakukan dimana saja tanpa mengantri. Dapat juga melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) seperti di Bank Bukopin, Bank Sumut, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri dan Bank BNI. Khusus bagi pelanggan yang menunggak dapat melakukan pembayaran di Bank Sumut. Selain Itu pembayaran air dapat dibayarkan di Indomaret, Alfamidi dan Alfamart serta di Kantor Pos.

Jika ada masalah gangguan layanan, pelanggan juga bisa melaporkannya melalui website wwwpadamtirtanadi.co.id, atau aplikasi android My Tirtanadi, petugas akan langsung merespon laporan gangguan layanan dari pelanggan. Kemudian untuk pasang baru bagi calon pelanggan dapat mendaftarkan ke www.pdamtirtanadi.co.id atau dengan aplikasi android My Tirtanadi.

“Semua hal ini dilakukan PDAM Tirtanadi dalam rangka memberikan layanan kepada pelanggan sejalan dengan kondisi Covid – 19 saat ini,” katanya.

Tabung Cuci Tangan

Dampak dari Covid – 19 saat ini PDAM Tirtanadi juga ikut berperan aktif berpartisipasi membantu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengatasi berkembangnya penyebaran virus corona di masyarakat antara lain melalui Tim Gugus Tugas Covid – 19 menyerahkan tabung air cuci tangan yang disebar di seluruh kecamatan yang ada di Kota Medansekitarnya diserahkan langsung Gubsu Edy Rahmayadi di dampingi Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting serta Direktur Utama PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara Trisno Sumantri. Selain itu PDAM Tirtanadi juga menyalurkan tabung air cuci tangan di rumah sakit yang ditunjuk pemerintah untuk menangani COVID-19.

PDAM Tirtanadi juga memberikan sembako kepada masyarakat umum dan masyarakat yang berada di sekitar Kantor Pusat, Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan Kantor Cabang PDAM Tirtanadi di wilayah kerja zona 1 (Kota Medan sekitarnya) dan zona 2 (Kota/Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara). Juga sembako kepada para tukang yang selama ini menjadi mitra kerja PDAM Tirtanadi dalam melakukan pekerjaan di lapangan melayani masyarakat pelanggan. (Wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan