Penerima Kartu Prakerja Minati Pelatihan Online BBPLK Medan

  • Bagikan
KEPALA BBPLK Medan Muhammad Ali, SS, MA, PhD. Berita Sore/Ist
KEPALA BBPLK Medan Muhammad Ali, SS, MA, PhD. Berita Sore/Ist

MEDAN (Berita): Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan sebagai satu-satunya lembaga pelatihan pemerintah yang lolos kurasi PMO, menyediakan delapan pelatihan online yang dapat diikuti penerima kartu prakerja.

Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali, SS, MA, PhD menyebutkan, sejak Jumat (24/4) tercatat sebanyak 528 orang mendaftar ke BBPLK Medan dan jumlah pendaftar terus mengalami peningkatan dalam hitungan menit per menit.

Saat ini BBPLK Medan menempati posisi keempat jumlah pendaftar dari seluruh lembaga pelatihan yang menjadi mitra platform digital Kemnaker.

Peserta berasal dari seluruh wilayah Indonesia dengan latar belakang pekerjaan maupun pendidikan beragam.

“Dari data pendaftar diketahui bahwa pelatihan yang paling banyak diminati adalah receptionist. Disusul berturut-turut Public Area Cleaner, Room Attendant dan Digital Marketing (Sosial Media Administrator). Kebanyakan para pendaftar adalah para pekerja industri perhotelan yang saat ini sedang cuti atau di rumahkan akibat Pandemi Covid-19,” ujar Ali kepada Waspada, Jumat (24/4).

Ali menjelaskan, durasi pelatihan yang akan diikuti peserta berkisar antara lima hari hingga dua minggu, sesuai dengan program pelatihan yang dipilih.

Jangka waktu ini ditentukan berdasarkan unit kompetensi yang perlu dikuasai peserta, sehingga kualitas lulusan pelatihan prakerja online BBPLK Medan tetap terjaga.

Pada akhir pelatihan, akan dilakukan evaluasi dan juga pemberian sertifikat digital kepada para peserta yang berhasil memenuhi standar minimal kelulusan yang telah ditetapkan untuk masing-masing program pelatihan.

Tidak hanya itu, tambah Ali, BBPLK Medan juga akan memastikan peserta untuk memberikan ulasan dan review terhadap program pelatihan yang baru saja diikuti sebagai bahan evaluasi dan pengembangan pelatihan di masa yang akan datang.

Untuk memberikan berbagai pilihan pelatihan kepada para penerima Kartu Prakerja, BBPLK Medan terus melakukan pengembangan program pelatihan.

BBPLK Medan telah mengusulkan sekitar 21 tambahan program pelatihan baru untuk mendapatkan persetujuan dari PMO Prakerja.

“Kita berharap usulan program pelatihan baru tersebut minggu depan sudah mendapatkan persetujuan dari PMO Prakerja. Dengan demikian, minggu depan pelatihan tersebut sudah dapat ditawarkan kepada penerima kartu pra kerja,” tutur Ali seraya mengajak para penerima kartu pra kerja untuk mendaftar pelatihan di BBPLK Medan dengan mengunjungi Website BBPLK Medan atau menghubungi call centre 0889-0890-9990. (att)

Berikan Komentar
  • Bagikan