Pengurus SPS Sumut 2024-2028 Dilantik, Farianda : Pemerintah Harus Bantu Pers agar Tetap Eksis

  • Bagikan

Bandung (Berita): Pengurus Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Sumatera Utara Periode 2024-2028 dilantik secara langsung oleh Ketua Umum SPS Pusat, Januar P Ruswita sesuai dengan Surat Keputusan No. : 14/Kep/VII/2024 tertanggal 23 Juli 2024, di Hotel Savoy Homann Jalan Asia Afrika Bandung, Jumat (20/9/2024).

Adapun Pengurus SPS Sumatera Utara yang dilantik yaitu, Ketua : H Farianda Putra Sinik SE (Harian Medan Pos), Sekretaris : Hendrik Prayetno (Harian Waspada), Bendahara : Asih Astuti (Harian Sumut Pos).

Wakil Ketua I : H War Djamil (Analisa), Wakil Ketua II : Agus Saparuddin Lubis (Realitas), Wakil Ketua III : Rianto, SH (Sumut 24), Wakil Ketia IV : Agus Salim Ujung (Warta Garuda), Wakil Ketua V : Ngatirin (Mimbar Umum).

Wakil Sekretaris I : Erwin Siregar (Berita Sore), Wakil Sekretaris II : Dodi Hamzah Pohan (Harian Orbit), Wakil Bendahara I : Dessy Fifi Septiany MKn (Gebrak) dan Wakil Bendahara II Rony Purba (Top Metro).

Usai dilantik, Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik kembali menyampaikan harapannya, agar Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota berkenan membantu perusahaan Pers, khususnya media cetak bisa tetap eksis.

Menurut Farianda, bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota itu berupa kerja sama di bidang pemberitaan, periklanan, dan peningkatan kualitas sumber daya insan pers.

Disebutkannya, selain berperan sebagai sosial kontrol, pers juga memiliki fungsi edukasi, yang sejak zaman dahulu sudah ikut serta mencerdaskan anak bangsa dan turut pula berkontribusi membantu perjuangan para pahlawan, sehingga kita terbebas dari kolonialisme.

“Mencermati urgensi dan peran strategis pers dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sejak dulu hingga sekarang, tidak sepatutnya industri pers dibiarkan gulung tikar dan terancam tinggal nama,” sebut Farianda.

Kepada para pengurus SPS Sumut yang baru dilantik, Farianda berharap supaya senantiasa saling menghargai dan mampu menjaga kekompakan.

“Mari sama-sama berkontribusi maksimal, agar newspaper never dies,” ajaknya.

Hal senada juga disampaikan Ketua SPS Pusat Januar P Ruswita. “Apabila pemerintah pusat dan daerah mampu menjaga keberlanjutan industri media cetak, insya Allah Pers yang sehat dan berkualitas akan dapat kita wujudkan,” ujarnya.

Januar tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada para pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung, mitra kerja dan berbagai pihak yang berkenan hadir menyemarakkan perayaan HUT ke-78 Serikat Perusahaan Pers tersebut.

“Terima kasih dan apresiasi juga saya sampaikan kepada 18 pengurus SPS Provinsi yang telah jauh-jauh datang ke Kota Bandung yang bersejarah dan kaya dengan berbagai kulinernya ini,” kata Januar.

Kepada pengurus SPS Sumut yang baru dilantik, Januar menyampaikan ucapan selamat dan berharap terus berbuat yang terbaik, demi tetap tumbuh dan berkembangnya industri Pers arus utama di Sumatera Utara.

Peringatan HUT ke-78 SPS berlangsung semarak, diwarnai dengan pemberian award kepada institusi pemerintahan dan sejumlah kalangan yang dinilai telah memberikan kontribusi positif terhadap tetap eksisnya industri pers arus utama di tengah masyarakat.(rel).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *