PT ANJ Raih 31 Penghargaan ENSIA 2024

  • Bagikan
Perwakilan PT ANJ saat menerima penghargaan pada puncak acara ENSIA 2024 di Bali, akhir Juli lalu. (Berita/Ist)
Perwakilan PT ANJ saat menerima penghargaan pada puncak acara ENSIA 2024 di Bali, akhir Juli lalu. (Berita/Ist)

PALAS (Berita): Berkat komitmen dalam menjaga lingkungan dan program pemberdayaan masyarakat, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) kembali berhasil meraih 31 penghargaan Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) 2024 yang diserahkan pada puncak acara ENSIA 2024 di Bali, akhir Juli lalu.

Head of Environmental, Health & Safety, ANJ, Burhanudin, kepada Waspada dan Berita Sore, Minggu (11/8) menyampaikan PT ANJ kembali mencatat prestasi itu melalui empat anak perusahaan. Diantaranya, PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), PT Kayung Agro Lestari (KAL), PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA), dan PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS).

Burhanudin menyampaikan, ENSIA merupakan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh PT Sucofindo untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki inovasi signifikan dalam bidang lingkungan dan sosial.

“Alhamdulillah sebelumnya di tahun 2022 PT ANJ juga menyabet penghargaan yang sama,” kata Burhanuddin.

Ia menjelaskan, ajang ENSIA 2024 dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Platinum, Gold dan Silver dengan tujuh topik penghargaan mencakup efisiensi energi, penurunan emisi, efisiensi air, pengurangan LB3, 3R limbah padat non B3, perlindungan kehati, inovasi sosial serta local hero inspiratif.

Sementara itu, beberapa kriteria utama yang menjadi bahan penilaian adalah kebaruan dan keunikan program, dampak program terhadap lingkungan, serta dampak program untuk sosial masyarakat.

Pada tahun ini, ENSIA diikuti 756 paper, dan ajang ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada para inovator lingkungan dan sosial dalam menerapkan upaya emisi karbon, pemberdayaan masyarakat dan mendukung proper sebagai kebijakan pemerintah. Dan, inovasi ini tidak hanya memberikan manfaat kepada perusahaan, tapi memberikan dampak positif yang luas untuk masyarakat dan lingkungan.

Dimana, penghargaan yang diterima masing-masing perusahaan pada ajang ENSIA 2024. Seperti, PT SMM, pada kategori; Efesiensi Energi, penurunan emisi dan 3R limbah padat non B3 dengan penghargaan Gold. Kategori Efisiensi air, pengurangan LB3, perlindungan kehati dan inovasi sosial dengan penghargaan Platinum. Serta penghargaan local hero inspiratif-pengentasan kemiskinan an. Saripi dan best participant.

PT ANJA, memproleh penghargaan Gold pada kategori; penurunan emisi dan 3R limbah padat non B3. Kategori Silver pada Efisiensi energi, efisiensi air, pengurangan LB3 dan inovasi sosial dan penghargaan Platinum pada kategori perlindungan kehati.

PT ANJAS memperoleh penghargaan Gold pada kategori Efesiensi Air. Platinum, pada kategori penurunan emisi, perlindungan kehati dan inovasi sosial. Kemudian penghargaan Silver pada kategori Efesiensi Energi, pengurangan LB3 dan 3R limbah padat non B3.

PT KAL memproleh penghargaan Gold pada kategori penurunan emisi. Platinum pada kategori Efesiensi Air, 3R limbah padat non B3, perlindungan kehati dan inovasi sosial. Penghargaan Silver pada kategori Efesiensi Air dan pengurangan LB3.

“Penghargaan ini merupakan wujud dari komitmen ANJ Grup pada pembangunan berkelanjutan yang mengoptimalkan peran positif perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan,” ucapnya.

Burhanudin menambahkan, capaian tersebut merupakan bukti nyata perusahaan dalam menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan dan telah mendapatkan pengakuan.

Dari pengurangan emisi karbon, pemanfaatan energy terbarukan, hingga program pelestarian lingkungan yang melibatkan masyarakat. Pihaknya percaya bahwa pembangunan berkelanjutan harus mencapai keseimbangan antara kemakmuran, manusia dan lingkungan.

Pencapaian penghargaan ENSIA tersebut mencerminkan dedikasi perusahaan dalam melestarikan lingkungan serta memberdayakan masyarakat lokal melalui berbagai inovasi yang dilakukan perusahaan. Pencapaian penghargaan itu akan menjadi memotivasi bagi perusahaan untuk terus berkomitmen pada keberlanjutan dan tanggung jawab sosial.

“Kami percaya bahwa kolaborasi adalah kunci untuk menciptakan perubahan yang lebih besar. Oleh karena itu, Kami berharap ke depan akan lebih banyak lagi perusahaan lainnya yang turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Mari bersama-sama kita bangun masa depan yang lebih berkelanjutan,” ucap Burhanudin. (Tio).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *