Sekda Tapsel Ajak Pedagang Dan Pengunjung Pasar Gunakan Masker

  • Bagikan
Sekda Tapsel, Drs Parulian Nst saat mengenakan masker kepada pedagang Pasar Sigalangan Kec.Batang Angkola, Jum'at (15/5). BeritaSore/ Birong RT
Sekda Tapsel, Drs Parulian Nst saat mengenakan masker kepada pedagang Pasar Sigalangan Kec.Batang Angkola, Jum'at (15/5). BeritaSore/ Birong RT

TAPSEL (Berita): Sekretaris Daerah (Sekda) Kab.Tapanuli Selatan, Drs.Parulian Nasution datangi Pasar Sigalangan Kec.Batang Angkola Kab.Tapsel. Dia mengajak masyarakat mulai dari pedagang maupun pengunjung pasar supaya kenakan masker, Jum’at (15/5).

” Sebagai upaya menekan penularan virus Covid-19 yang saat ini dinyatakan pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO, Pemkab Tapsel selalu berupaya meminta kepada masyarakat agar selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan termasuk penggunaan masker,” ujar Sekda saat membagikan seribu masker kain gratis di Pasar Sigalangan, Kecamatan Batang Angkola.

Sekda mengatakan penanganan Covid-19, butuh dukungan dari seluruh elemen masyarakat sebab, saat ini pemerintah telah melaksanakan gerakan tetap di rumah dengan meliburkan kegiatan pendidikan, melaksanakan ibadah di rumah, dan membatasi kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

” Aktifitas jual beli di pasar tidak mungkin ditutup, maka dari itu saya meminta kepada para pedagang untuk selalu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, pintanya.

Sekda juga mengatakan, pihaknya selalu mengingatkan kepada para pedagang dan pembeli serta masyarakat untuk gunakan masker apabila keluar rumah dan selalu mengikuti anjuran pemerintah,” jangan anggap remeh agar kita terhindar dari penyebaran Covid-19 ini,” ucap Sekda.

Untuk pencegahan ini, Pemkab Tapsel akan selalu berupaya untuk membagikan masker gratis kepada pedagang dan pembeli serta masyarakat, mengingat para pedagang yang setiap hari selalu berinteraksi dengan banyak orang,” Penggunaan masker juga sangat membantu untuk mencegah penularan virus Covid-19 melalui droplet atau cairan yang terpercik dari mulut atau hidung,” katanya.

Selain itu, para pedagang diminta untuk tetap menjaga jarak (physical distancing) dan sering mencuci tangan pakai sabun serta jaga kebersihan lingkungan. Jika merasa ada gejala Covid-19 segera lapor ke petugas Kesehatan,” ajaknya.

Dalam upaya pencegahan virus ini telah beragam kita lakukan mulai dari imbauan, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan tempat ibadah, serta memperketat penjagaan pintu masuk perbatasan dengan kabupaten tetangga,”tutupnya.

Pembagian masker gratis turut mendampingi Sekda, Kalaksa BPBD Tapsel Ilham Suhardi dan Sekretaris, Camat Batang Angkola Taufik R Lubis, Forkopimcam, dan Kapus Pintu Padang. (Rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan