MEDAN (Berita): Sejak pertengahan bulan Februari sampai dengan saat ini, menurut laman Corona Jakarta sudah terdapat 514 kasus pasien terinfeksi COVID-19, 646 pasien dalam pengawasan, dan 1.447 orang dalam pemantauan.
Tercatat 29 pasien dinyatakan sembuh, sementara 48 lainnya meninggal.
Angka kematian yang tinggi ini sangat memprihatinkan, dan berpotensi untuk bertambah tiap harinya.
Siaran pers dari PR & Brand Communication PT Sharp Electronics Indonesia Pandu Setio yang diterima Selasa (24/3) menyebut peningkatan jumlah pasien yang terinfeksi dan masuk dalam pengawasan, disertai pula oleh meningkatnya kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis di setiap rumah sakit rujukan.
Berkurangnya ketersediaan peralatan ini diakibatkan oleh meningkatnya permintaan di kalangan masyarakat yang secara signifikan hingga mengakibatkan kelangkaan APD, salah satunya masker N-95 yang sangat dibutuhkan oleh tenaga medis dalam merawat pasien.
Melihat hal tersebut, PT Sharp Electronics Indonesia melalui program tanggung jawab sosialnya ‘Bakti Untuk Negeri’ membantu dalam hal penyediaan masker N-95 yang sangat dibutuhkan oleh tenaga medis.
”Saat ini kita sangat mengandalkan tenaga medis dalam menangani pasien, mereka berada dekat dengan penderita, kesehatan mereka menjadi sangat penting dalam bertugas menangani setiap kasus yang ada,” ungkap Andry Adi Utomo selaku National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.
Menurut Andry, resiko terpapar cukup tinggi jika mereka tidak dilengkapi APD yang memadai, akan sangat besar resikonya jika kita kekurangan tenaga medis.
“Oleh karena itu Sharp Indonesia memiliki inisiatif untuk membantu menyediakan salah satu APD yaitu masker N-95 bagi tenaga medis sebagai salah satu pencegahan penularan virus khususnya di rumah sakit wilayah DKI Jakarta sebagai salah satu daerah yang memiliki kasus terbanyak di Indonesia,” katanya.
Tahap awal Sharp Indonesia mendonasikan masker N-95 sebanyak 300 unit ke RSUD Kalideres, Jakarta Barat.
“Kami sangat berterima kasih kepada Sharp Indonesia, masker N-95 memang benar-benar kami butuhkan sekali karena ketersediaan barang ini sudah hampir tidak ada, dan ketika Sharp menghubungi kami, kami merasa sangat bersyukur, bisa tepat sekali momennya”, ucap Hendra Purnama selaku perwakilan dari RSUD Kalideres.
Selain memberikan donasi ke pihak eksternal, SEID sudah terlebih dahulu membagi-bagikan alat perlindungan diri bagi karyawannya, melakukan sosialisasi perlindungan diri di lingkungan kerja dan fasilitas umum serta memberlakukan program Work From Home.
Tidak hanya itu, memanfaatkan kanal sosial medianya, Sharp Indonesia pun memberikan himbauan kepada konsumen setianya dan membantu dalam mensosialisasikan peraturan pemerintah untuk tetap waspada menjaga kesehatan dan menghindari tempat keramaian sebagai usaha dalam memutus rantai penyebaran Virus COVID-19 ini.
PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) berharap melalui aksinya ini, Sharp dapat membantu Indonesia dalam menurunkan penyebaran virus COVID-19.
“Sesuai dengan filosofi bisnisnya ‘Sincerity and Creativity’ Sharp secara aktif melakukan aksi nyata melalui kegiatan tanggung jawab sosialnya, berkontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan serta Negara”, tutup Andry. (Wie)