Jakarta (Berita) : 78% masyarakat Indonesia siap berwisata kembali, dengan lebih dari tiga perempatnya ingin mengunjungi dan lebih jauh menjelajah destinasi lokal
Agoda meluncurkan Kompetisi Fotografi GoLocal dengan tema Permata Kotaku untuk menginspirasi dan mempromosikan tujuan wisata domestik Jakarta, 4 Agustus 2020 – Delapan dari sepuluh wisatawan Indonesia sudah bersiap dan berencana pergi berlibur, menurut hasil survei GoLocal Domestic Travel untuk platform perjalanan digital Agoda.
Sebanyak 76% responden siap menjelajah kepulauan Indonesia dalam 12 bulan ke depan dan sangat bersemangat mengunjungi destinasi lokal – pasar terbesar kedua setelah Vietnam.
Angka ini juga secara signifikan lebih tinggi dibandingkan rata-rata global sebesar 65%, dengan Bali menjadi tujuan wisata lokal teratas, diikuti Jakarta dan Yogyakarta.
Berwisata sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat, dan mereka memiliki keinginan besar untuk kembali melakukannya. Namun, ada beberapa perubahan dalam tujuan dan cara orang bepergian.
Survei GoLocal Domestic Travel Agoda menunjukkan adanya pergeseran tren, dari wisata luar negeri ke wisata domestik, karena beberapa negara masih menutup perbatasannya.
Secara keseluruhan, sebanyak 65% wisatawan ingin mengunjungi destinasi lokal dalam satu tahun ke depan, dengan wisatawan Vietnam (87%) tercatat paling ingin bepergian, diikuti Indonesia (76%) dan Amerika Serikat (74%).
Jarak Perjalanan
Pada era baru wisata saat ini, survei menemukan bahwa 44% wisatawan Indonesia paling nyaman bepergian dengan durasi perjalanan maksimum tiga hingga empat jam, dibandingkan dengan 46% rata-rata wisatawan dunia.
Sementara 36% wisatawan memilih melakukan perjalanan selama dua jam, 15% memilih lima hingga delapan jam, dan hanya 6% yang bersedia bepergian dengan perjalanan di atas delapan jam.
Mengemudi kendaraan pribadi menjadi transportasi pilihan bagi 24% wisatawan Indonesia, dengan penerbangan menjadi pilihan teratas (57%), sejalan dengan data global.
Go Local and Explore
Entah di surga Bali atau kota budaya Yogyakarta, dua destinasi terpopuler bagi wisatawan Indonesia, para wisatawan bisa memuaskan keinginan berlibur dengan mengeksplorasi ‘pekarangan’ mereka sendiri.
Destinasi pilihan teratas bagi wisatawan Indonesia untuk petualangan mereka selanjutnya adalah pantai, pedesaan, alam dan perkotaan.
Gede Gunawan, Country Director Agoda untuk Indonesia mengatakan, “Keinginan masyarakat Indonesia untuk berwisata tidak menyusut.
Mereka masih bersemangat menjelajah kepulauan kami yang sangat beragam. Alasan utama mereka berwisata adalah mencari ketenangan dan relaksasi, menikmati kuliner, hingga mengunjungi destinasi terkenal, semuanya ada di Indonesia.
Entah menjelajah alam, berjemur di pantai-pantai yang cantik atau menikmati aneka kuliner setempat, semuanya ada di wilayah negara kami. Ada begitu banyak permata tersembunyi yang mudah dijangkau dengan penerbangan jarak dekat, naik kereta atau mengemudi,” ujarnya.
Kompetisi Fotografi Permata Kotaku Agoda
Sebagai bagian dari kampanye GoLocal yang mendorong wisatawan untuk menjelajah destinasi terdekat serta penghematan hingga 25% untuk hotel di seluruh Indonesia, Agoda meluncurkan kompetisi fotografi untuk menangkap keindahan dan keragaman Indonesia.
Kompetisi bertema Permata Kotaku yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini mengajak warga Indonesia untuk berbagi foto yang menampilkan permata tersembunyi Indonesia di Instagram dengan tagar #Permatakotaku, beserta alasan mengapa tempat ini harus dikunjungi. Penjurian akan dilakukan oleh Arbain Rambey dan Aryono Huboyo Djati, fotografer senior dan berpengalaman di Indonesia.
“Kompetisi ini dibuat untuk mendorong lebih banyak orang mengunjungi wilayah-wilayah di Indonesia, bukan hanya destinasi yang biasa dikunjungi. Kita semua tahu tentang permata tersembunyi di kota kita, yang bahkan tidak diketahui oleh warga setempat. Dengan kompetisi fotografi Permata Kotaku ( zul )