Tidak Seperti Biasa, Pelabuhan Ihan Batak Sepi

  • Bagikan
Dampak Covid-19, Pelabuhan Ihan Batak, Kec. Ajibata, Kab. Toba terlihat sepi, Sabtu (21/3). Waspada/ Ramsiana Gultom.
Dampak Covid-19, Pelabuhan Ihan Batak, Kec. Ajibata, Kab. Toba terlihat sepi, Sabtu (21/3). Waspada/ Ramsiana Gultom.

AJIBATA (Berita) : Dampak penyebaran virus Covid-19 (Corona Virus) fasilitas umum Pelabuhan Ihan Batak sebagai pelabuhan terbesar di Kawasan Danau Toba terlihat sepi.

Lapangan parkir yang biasanya dipadati puluhan bahkan ratusan kendaraan yang hendak menyeberang ke Pulau Samosir terlihat lenggang, seperti pemandangan, Sabtu (21/3). Hanya ada dua kendaraan roda empat milik petugas yang terlihat parkir, sementara tidak ada kendaraan lain yang antri di halaman parkir menunggu kedatangan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Pora Pora dari Pelabuhan Ambarita.

Berdasarkan keterangan Staf Satuan Pelayanan (Satpel) Toba, Edi Boston Lubis ketika dikonfirmasi MC Toba, Sabtu (21/3), keberangkatan pelayaran KMP Pora Pora mulai trip pertama dan kedua tidak ada yang full. Hanya 10 kenderaan roda empat dan beberapa sepeda motor yang diangkut setiap tripnya.

“Sejak Pelabuhan ini beroperasi, setiap weekend biasanya antrian panjang kendaraan yang hendak menyebrang selalu terjadi, tapi hari ini sangat berbeda,” ujar Edi.

Kondisi sepi ini sudah terjadi sejak pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan sekolah dan menghimbau warga agar tidak keluar rumah dan tidak mengunjungi pusat-pusat keramaian.

“Selama satu minggu terakhir jumlah pengguna jasa KMP Pora Pora berkurang hingga 50 persen dari jumlah biasanya, untuk hari weekend seperti ini bahkan lebih dari 70 persen,” paparnya.

Meski demikian Edi tetap melihat sisi positif situasi terkini.
“Sisi positifnya, masyarakat sudah mulai sadar dan taat akan adanya himbauan pemerintah guna mengurangi penyebaran virus corona. Semoga wabah ini segera berlalu sehingga aktifitas masyarakat bisa kembali normal,” kata Edi. (waspada.id)

Berikan Komentar
  • Bagikan