Tingkat Pengangguran Bireuen 8. 765 Jiwa

  • Bagikan
Kepala BPS Bireuen Dara Dian SE. Beritasore/Ist
Kepala BPS Bireuen Dara Dian SE. Beritasore/Ist

BIREUEN (Berita) : Tingkat Pengangguran Terbuka di Kabupaten Bireuen sekitar 8.765 jiwa atau 3,88 persen dari jumlah angkatan kerja sedangkan bukan angkatan kerja sebanyak 336.841 jiwa, ujar Dara Dian SE kepada Berita,Rabu (24/06) diruang kerjanya.

Menurut Kepala Badan Pusat Stasistik ( BPS) Kabupaten Bireuen Dara Dian SE, dalam penjelasannya didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha Fakhri Adi SP,MSM bersama Nalyda Yola Althofia, Kepala Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik,kalau diperincikan, bahwa dari  jumlah Angkatan Kerja 226.030 jiwa .

Ditambah Bukan Angkatan Kerja  sekitar 110,811, berarti seluruhnya yang tercatat 336,841 orang , hanya sekitar 3,88 persen, Tingkat  Pengganguran Terbuka berjumlah 8.765 jiwa di Bireuen, sedangkan jumlah penduduk  di Kabupaten Bireuen sekitar 471,635 dari hasil Stasistik tahun 2019. Pada 17 Kecamatan yang ada dalam wilayah Kabupaten Bireuen.

Untuk tahun 2020 baru dapat kita lihat Tingkat Pengangguran Terbuka pada akhir tahun ini, karena sedang diadakan penataan, ujar Dara Dian SE.

Sementara itu,  Sejumlah Warga masyakarat Kabupaten Bireuen yang dihubungi  mengatakan bahwa Bupati Bireuen Muzakkar A Gani harus dapat menciptakan tenaga kerja bagi pengangkatan Angkatan Kerja tersebut, untuk membuka usaha berbagai kerajinan ibu rumah tangga dan termasuk harus menghidupkan kembali pabrik keramik.

Pabrik Milik Pemerintah Kabupaten Bireuen, di Gampong Juli Tambo Tanjong, lokasi Dusun Meunasah Baro, sudah puluhan tahun terbengkalai sudah jadi besi tua agar dapat di fungsikan kembali,  setidaknya dapat menampung tenaga kerja dari ibu ibu rumahtangga dan para pemuda, ujar Masri Yoga, warga Gampong Juli Tambo Tanjong, Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen.(RJ).

Berikan Komentar
  • Bagikan