TP PKK Desa Siwalawa Dilantik, Lansia Terima Paket Sambako

  • Bagikan
Berita Sore / Menghadapi Sarumaha. Ketua TP PKK Kabupaten Nias Selatan, Ny. Martina Ikhtiar Duha saat menyerahkan secara simbolis bantuan bibit tanaman sayur-sayuran kepada pengurus TP PKK Desa Siwalawa, Senin (28/09), di Halaman Desa Siwalawa, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan.
Berita Sore / Menghadapi Sarumaha. Ketua TP PKK Kabupaten Nias Selatan, Ny. Martina Ikhtiar Duha saat menyerahkan secara simbolis bantuan bibit tanaman sayur-sayuran kepada pengurus TP PKK Desa Siwalawa, Senin (28/09), di Halaman Desa Siwalawa, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan.

TELUKDALAM (Berita): Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) periode 2020-2025 dilantik dan dikukuhkan secara resmi oleh Kepala Desa Siwalawa, Balazizokho Sarumaha,S.Pd. Seusai pelantikan TP PKK Desa Siwalawa menerima secara simbolis bantuan bibit tanaman sayuran-sayuran dari Ketua TP PKK Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Ny. Martina Ikhtiar Duha.

Acara pelantikan dilaksanakan di halaman Desa Siwalawa, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nisel, Senin (28/09). Pelantikan tersebut ditandai dengan penyematan pin secara simbolis kepada pengurus yang baru oleh Ketua TP PKK Desa Siwalawa, Ny. Srisilis Balazizokho Sarumaha. Turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Nisel, Ny. Martina Ikhtiar Duha, Ketua TP PKK Kecamatan Fanayama, Ny. Yuni Arifman Wau, Wakil Ketua DPRD, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., Camat Fanayama, Arifman F. Wau,SS.,MM.

Kedatangan Ketua TP PKK Kabupaten Nisel bersama Ketua TP PKK Kecamatan Fanayama disambut dengan penyerahan selendang sebagai bentuk penghargaan kepada tamu terhormat yang masih perdana kunjungan dalam rangka kegiatan TP PKK. Dan dilanjutkan penyerahan “Sõu Bagoa” (caping) sebagai simbol bahwa pengurus dan anggota TP PKK Desa Siwalawa rata-rata sebaagi petani. Sehingga sangat tepat ketika Ketua TP PKK Kabupaten Nisel menyerahkan bibit tanaman sayur-sayuran kepada TP PKK Desa Siwalawa.

Dalam sambutan Kepala Desa Siwalawa, Balazizokho Sarumaha sangat mengharapkan kekompakan dan kerja sama diantara pengurus dan anggota TP PKK agar dalam pelaksanaan kegiatannya kedepan lebih optimal dan dapat mendukung program dan kebijakan pemerintahan Desa. Mengakhiri sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Nisel dan Ketua TP PKK Kecamatan Fanayama, Camat Fanayama dan Wakil Ketua DPRD karena ditengah kesibukannya dapat meluangkan waktu untuk menghadiri pelantikan TP PKK Desa Siwalawa.

Sementara itu, Ketua BPD, Walaupun Sarumaha juga menyambut baik pelantikan TP PKK Desa Siwalawa. Ia mengatakan siap mendukung pelaksanaan kegiatan TP PKK dalam bentuk apapun. Bahkan sebagai salah satu fungsinya untuk membahas dan menetapkan APBDes bersama Kepala Desa akan mengakomodir anggaran untuk mendukung pelaksanaan kegiatan TP PKK Desa Siwalawa apabila menyentuh kepentingan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Menyikapi pelantikan tersebut, tokoh masyarakat Desa Siwalawa, Drs. Feriaman Sarumaha (Amada Lawa Mbõgi) mengungkapkan peranan seorang ibu sangat penting dalam keluarga. “Banyak peranan seorang ibu (istri) yang tidak dapat dilakukan oleh seorang bapak (suami), maka untuk melengkapinya harus saling mendukung dan bekerjasama. Demikian juga kami mengharapkan TP PKK Desa Siwalawa dapat mengambil peranan untuk mendukung dan bekerjasama dengan pemerintah Desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” sebut Feriaman Sarumaha.

Selanjutnya Ketua Ketua TP PKK Kecamatan Fanayama, Ny. Yuni Arifman F. Wau dalam sambutannya mengharapkan peranan TP PKK yang baru dilantik agar diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama menjadi contoh dalam pengasuhan anak. “Dalam melaksanakan kegiatannya, TP PKK Desa Siwalawa harus bersatu dan mampu menjalin kerja sama dengan semua pihak serta melakukan koordinasi dengan pemerintah desa sehingga TP PKK Desa Siwalawa semakin maju dan bermanfaat bagi masyarakat,” harap Yuni.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Fanayama, Arifman F. Wau mengatakan merasa bangga dengan TP PKK Desa Siwalawa dimana sebelum dilantik sudah melaksanakan kegiatan salah satunya senam pagi. “Tetapi sangat baik lagi bila sesudah dilantik ini bisa melaksanakan kegiatan dalam bentuk karya-karya nyata untuk kemajuan Desa,” ujar Arifman F. Wau.

Menurut Camat Fanayama, meskipun jumlah Pengurus dan Anggota TP PKK Desa Siwalawa berjumlah 85 orang, maka diharapkan bisa menjadi 1 (satu) bila dalam pelaksanaan kegiatan ada kekompakan, saling bergandeng tangan, 1 (satu) pemahaman dan 1 (satu) pemikiran sehingga kinerja TP PKK di Desa Siwalawa bisa semakin meningkat dan dirasakan oleh masyarakat.

Wakil Ketua DPRD, Fa’atulo Sarumaha, menyatakan siap mendukung kegiatan TP PKK Desa Siwalawa. Kemudian Ia mengajak TP PKK Desa Siwalawa dan TP PKK Desa lainnya untuk mengadakan lomba lagu mars PKK dalam rangka menyambut peringatan sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2020. “Apabila tidak bisa dilaksanakan antar Desa, maka silakan dilaksanakan antar Kelompok Kerja (Pokja),” ucap Fa’atulo Sarumaha (Amada Tuha Farõkha Maniamõlõ).

Dalam hal mendukung kegiatan TP PKK Desa Siwalawa, Fa’atulo Sarumaha menghimbau untuk menjalin kerja sama dengan TP PKK Kabupaten dan Kecamatan karena anggaran kegiatan TP PKK setiap diajukan oleh pemerintah daerah pasti disetujui oleh DPRD Kabupaten Nisel. Sehingga kegiatan TP PKK Desa Siwalawa dapat diakomodir melalui anggaran kegiatan TP PKK Kabupaten.

Ketua TP PKK Kabupaten Nisel, Ny. Martina Ikhtiar Duha mendahului arahannya mengucapkan selamat kepada TP PKK Desa Siwalawa yang dilantik semoga semakin semangat dalam melaksanakan tugas. “Dengan sudah dilantik hari ini maka TP PKK Desa Siwalawa berkewajiban melaksanakan 10 (sepuluh) program TP PKK yang dibagi dalam 4 (empat) Pokja. Salah satunya kegiatan di bidang kerohanian, pendidikan, kesehatan, pangan dan pelestarian lingkungan,” ungkap Ny. Martina.

Ketua TP PKK Kabupaten Nisel selain menyerahkan bibit tanaman sayur-sayuran kepada pengurus TP PKK Desa Siwalawa, juga menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada warga yang lanjut usia (Lansia) dari Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Sosial. Semua rangkaian acara dapat terlaksana dengan baik, aman, tertib dan lancar serta dalam kondisi cuaca yang sangat cerah. Hal ini tidak terlepas karena dukungan doa dan kerja sama dari semua pihak.

Adapun Pengurus TP PKK Desa Siwalawa periode 2020-2025: Ketua, Ny. Srisilis Balazizokho Sarumah; Wakil Ketua, Ny. Etilina Walaupun Sarumaha; Sekretaris, Ny. Fidiyanti Martin Sarumaha; Wakil Sekretaris, Ny. Resmina Siliwanus Sarumaha; Bendahara, Ny. Historis Irwan Sarumaha. (mhs).

Berikan Komentar
  • Bagikan