Wali Kota P. Siantar dan Ketua Dekranasda Sholat Idul Adha 1445 H Bersama Warga

  • Bagikan

Pematangsiantar ( Berita): Diiringi hujan gerimis, Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dan Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH bersama ribuan umat Muslim tetap khusyuk menunaikan Sholat Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, di Lapangan Adam Malik, Senin (17/06/2024) pagi. Turut hadir, Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH SIK bersama Ketua Bhayangkari Cabang Pematangsiantar Ny Sandra Yogen dan sejumlah pimpinan OPD Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsianțar.

Bertindak sebagai imam Ustadz Dzulfi Hariri Hasibuan, dan khotib Ustadz H Maranaik Hasibuan MA.

Maranaik yang juga Plt Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Pematangsiantar dalam khutbahnya menyampaikan, untuk memetik berbagai pelajaran dari ibadah kurban, salah satunya harus lebih cinta kepada Allah dibanding cinta terhadap makhluk. Seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS.

“Dengan ibadah kurban kita jadi bersolidaritas dengan sesama, saling berbagi, dan bergotong-royong satu sama lain,” katanya.

Maranaik yang juga Ketua PC Nahdlatul Ulama (NU) Kota Pematangsiantar melanjutkan, saat ini tingkat toleransi Kota Pematangsiantar berada di peringkat 11.

“Insya Allah ke depan kita dapat meraih peringkat pertama sebagai Kota Toleransi di Indonesia,” sebut Maranaik.

Usai sholat Idul Adha, dr Susanti mengajak untuk meneladani Nabi Ibrahim AS dalam melaksanakan perintah Allah SWT.

“Ketaatan, keikhlasan, dan pengorbanan harus menjadi bagian dari kehidupan kaum Muslimin. Untuk itu saya berharap kepada seluruh umat Muslim, khususnya di Kota Pematangsiantar, agar senantiasa menjaga serta mempererat persatuan dan persaudaraan, dengan tidak menjadikan perbedaan sebagai perpecahan,” terangnya.

“Hari ini kita berhari raya, selamat merayakan Idul Adha 1445 Hijriyah,” kata dr Susanti seraya mengajak, melalui momentum Idul Adha untuk terus membangun rasa empati dan kepedulian, memupuk semangat berbagi, semangat untuk hidup dalam persatuan (Ukhuwah Wathoniyah) sebagai warga Negara Indonesia yang ber-Bhinneka Tinggal Ika.

Dalam kesempatan itu, dr Susanti mengatakan di momen Hari Raya Idul Adha tahun ini, Pemko Pematangsiantar akan menyembelih 7 ekor sapi kurban di halaman rumah dinas wali kota, Jalan MH Sitorus, Selasa (18/06/2024), (surati).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *