Warga Pir Sering Melihat Harimau Berkeliaran

  • Bagikan

LANGKAT (Berita) : Sebelum peristiwa korban Ramelan, 42, warga Dusun Pir Lok I Desa Harapan Maju Kecamatan Sei Lepan Kab Langkat yang tewas diduga dimangsa Harimau Sumatera.

Warga Dusun Aras Napal Desa Bukit Mas Kec Besitang sebelumnya juga sering melihat Harimau Sumatera berkeliaran di wilayah tersebut yang juga kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Agus Salim salah seorang pemerhati Hutan Leuser ketika dikonfirmasi, Senin (6 /4) mengatakan sebelumnya warga Dusun Aras Napal Desa Bukit Mas Kec Besitang Kab Langkat juga pernah beberapa kali melihat Harimau muncul di kawasan tersebut.

“Kita juga sering mendapat laporan dari warga bahwasanya Harimau Sumatera berkeliaran di daerah Dusun Aras Napal Kiri Desa Bukit Mas Kec Besitang tepatnya pinggiran kawasan TNGL,” terang Agus.

Menurutnya, hewan buas tersebut berkeliaran karena habitat empat tinggalnya sudah tidak nyaman lagi.

“Apalagi lagi perburuan hewan di kawasan TNGL semakin marak sehingga Harimau kekurangan makanan lalu mencari mangsa yang lain, ” jelas Agus.

Dia juga mengucapkan turut berduka cita kepada korban yang meninggal dan mengimbau petani agar lebih berhati hati jika berada di kawasan TNGL.

Pasang Kamera Jebakan

Sementara itu, Humas TNGL Sudiro ketika dikonfirmasi terkait antisipasi berkeliarnya hewan buas mengatakan telah melakukan upaya upaya menyadarkan masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di kawasan TNGL selama penanganan kasus ini.

Dia menuturkan, peristiwa yang memakan korban jiwa itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Forkopimcam dan elemen masyarakat guna melakukan antisipasi terhadap gangguan hewan buas.

Sudiro menambahkan, pihak TNGL juga telah memasang perangkap dan kamera jebak serta melakukan dentuman dentuman oleh petugas pemantau untuk menangkap hewan buas yang berkeliaran di seputaran kawasan TNGL. (bap)

Berikan Komentar
  • Bagikan