Warga Simodong Inisiatif Perbaiki Jalan Sendiri

  • Bagikan
Warga Huta Simodong sedang bergotong royong memperbaiki jalan agar dapat dilalui kenderaan roda 4., Sabtu (27/6).
Warga Huta Simodong sedang bergotong royong memperbaiki jalan agar dapat dilalui kenderaan roda 4., Sabtu (27/6).

SIMALUNGUN (Berita): Warga Dusun (Huta) Sipinggan (Simodong), Desa (Nagori) Tigabolon, Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun, terpaksa memperbaiki sendiri jalan penghubung di daerahnya. Ini dilakukan warga karena sudah 36 tahun jalan dimaksud tidak pernah disentuh pembangunan pemerintah, sehingga keadaannya sangat parah.

Perbaikan jalan dilaksanakan secara gotong royong, swadaya murni menggunakan bantuan masyarakat dan anak rantau. ” Ini hari pertama kami bekerja memperbaiki jalan dekat umbul Simodong secara swadaya. Kita mengutip uang ke rumah-rumah warga secara sukarela untuk belanja bahan, sampai saat ini sudah ada 50 sak semen tetapi itu masih sangat kurang,” ujar Sahat Purba, selaku ketua gotong royong, Sabtu (27/6).

Menurut Rutman Siahaan, salah seorang warga, mengatakan bahwa jalan tersebut merupakan jalan satu-satunya penghubung antara Kec. Sidamanik dengan Kec. Panei. Dikatakan, sejak dibangun sekitar tahun 1984, jalan itu tidak pernah disentuh pembangunan pemerintah sehingga keadaannya cukup parah dan tidak dapat dilalui kenderaan roda empat maupun roda enam.

Ironisnya, setiap tahun jalan dimaksud diusulkan perbaikannya kepada pemerintah, baik melalui musrenbang desa maupun musrenbang kecamatan, tetapi sampai saat ini tidak ada perbaikannya.

“Jalan ini sudah 36 tahun terlantar sejak pertama sekali dibangun tahun 1984. Dulunya jalan ini bisa dilalui kendaraan roda 4, namun karena jembatan mau putus, maka yang boleh lewat hanya kendaraan roda dua. Herannya, hampir tiap tahun ini diusulkan ke pemerintah melalui Musrenbang tapi sampai detik ini tidak ada realisasi,” ungkap Siahaan.

Masyarakat setempat berharap adanya partisipasi dari para wakil rakyat, DPRD Simalungun khusus daerah pemilihan (Dapil) 6, DPRD Provinsi bahkan DPR RI, serta para pengusaha dan perantau untuk dapat membantu perbaikan jalan tersebut.(waspada.id).

Berikan Komentar
  • Bagikan